Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Hal yang Harus Diketahui soal Dana Darurat, Apa Saja?

Kompas.com - 09/02/2024, 17:13 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNET

JAKARTA, KOMPAS.com - Dana darurat penting untuk dimiliki. Tujuan dana darurat adalah ketika ada kejadian tak terduga atau keadaan darurat, Anda tak perlu berutang.

Namun demikian, menabung dana darurat bisa sulit bagi sebagian orang. Inflasi, kenaikan harga, hingga besarnya pengeluaran membuat banyak orang makan tabungan atau menabung lebih sedikit.

Meski demikian, usahakan agar Anda menyisihkan sebagian penghasilan atau pendapatan untuk dana darurat. Dikutip dari CNET, Jumat (9/2/2024).

Baca juga: Sudah Punya Dana Darurat dan Asuransi, Apakah Tabungan Masih Penting?

Dana darurat adalah dana yang disisihkan atau dialokasikan untuk situasi darurat atau genting seperti kehilangan pekerjaan, masalah kesehatan, kecelakaan, atau kerusakan rumah SHUTTERSTOCK/PRAPAN MANUCHON Dana darurat adalah dana yang disisihkan atau dialokasikan untuk situasi darurat atau genting seperti kehilangan pekerjaan, masalah kesehatan, kecelakaan, atau kerusakan rumah

1. Apa itu dana darurat?

Dana darurat tidak sama dengan rekening yang Anda gunakan sesekali untuk hal-hal yang tidak penting.

Dana darurat harus berupa cadangan biaya hidup selama beberapa bulan yang disimpan di rekening bank yang aman dan dapat diakses, yang hanya Anda tarik jika terjadi keadaan darurat.

Anda mungkin sudah memiliki rekening tabungan atau bahkan dana khusus untuk menabung uang muka rumah atau liburan. Namun, dana darurat adalah jaring pengaman dalam situasi genting.

“Pengeluaran yang tidak direncanakan dapat terjadi kapan saja, dan tidak ada yang membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari selain mengetahui bahwa Anda memiliki sejumlah uang yang disisihkan untuk berjaga-jaga,” kata Greg McBride, kepala analis keuangan di Bankrate.

Baca juga: Di Mana Sebaiknya Menyimpan Dana Darurat agar Tak Dipakai Sembarangan?

2. Bagaimana cara kerja dana darurat?

Mungkin sulit untuk memikirkan kemungkinan keadaan darurat medis atau PHK, namun mengetahui bahwa Anda memiliki uang jika membutuhkannya juga merupakan hal yang melegakan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com