Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemeriksaan Seluruh Eskalator di Stasiun Manggarai Dimulai Pekan Depan

Kompas.com - 24/02/2024, 15:40 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan memeriksa seluruh eskalator di Stasiun Manggarai mulai pekan depan.

Pemeriksaan ini setelah pada Rabu (21/2/2024) sempat terjadi gangguan pada eskalator stasiun Manggarai menuju peron 11 dan 12 yang mendadak menyala dan membuat penumpang KRL yang sedang menaiki eskalator menjadi terjatuh.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Jakarta Ditjen Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub Ferdian Suryo mengatakan, tidak hanya eskalator yang sempat mengalami gangguan, eskalator lainnya di Stasiun Manggarai juga akan diperiksa.

Baca juga: KCI Bakal Periksa Semua Eskalator di Stasiun Manggarai

Tangga menuju Peron 11-12 di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Jumat (23/2/2024).KOMPAS.com/XENA OLIVIA Tangga menuju Peron 11-12 di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Jumat (23/2/2024).
"Untuk pemeriksaan akan dilakukan menyeluruh terhadap kondisi saat ini dan akan dimulai minggu depan," ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (23/2/2024).

Dia memperkirakan, pemeriksaan keseluruhan eskalator di Stasiun Manggarai akan berlangsung selama sepekan. Adapun eskalator di Stasiun Mangarai berjumlah sebanyak 16 unit.

"Kalau pemeriksaan seluruh eskalator kemungkinan butuh 1 minggu karena akan dilakukan di saat off peak hour (di luar jam sibuk)," kata dia.

Antisipasi kejadian serupa tak terulang

Sebelumnya, Direktur Utama PT KAI Commuter (KCI) Asdo Artriviyanto mengatakan, pemeriksaan eskalator secara menyeluruh ini untuk mengantisipasi insiden serupa terulang di kemudian hari.

Baca juga: Ganti Komponen Switch Brake, Perbaikan Eskalator Stasiun Manggarai Rampung Sepekan

"Inilah yang kita antisipasi, mungkin nanti pelayanan di Manggarai agak terganggu karena akan kita periksa semua supaya kejadian yang serupa tidak terjadi lagi," ujarnya saat ditemui di Stasiun Jakarta Kota, Jumat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com