Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Danone Indonesia Bantah Tudingan Perusahaan Terafiliasi dengan Israel

Kompas.com - 06/04/2024, 22:08 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Danone Indonesia membantah kalau perusahaannya terafiliasi atau menjadi pendukung agresi Israel di Gaza. Di Indonesia, perusahaan asal Perancis ini menjadi salah satu korporasi yang terkena boikot.

Corporate Communications Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin, menegaskan bahwa pihaknya terbukti tak terafiliasi dengan Israel.

Ia menyebut, Danone sebagai entitas bisnis di Indonesia, tidak termasuk dalam daftar perusahaan yang mendukung tindakan Israel sesuai dengan data yang dirilis Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia (HAM) atau OHCHR.

"Data ini sekaligus membantah disinformasi yang beredar yang menyatakan bahwa Danone masuk dalam perusahaan yang mendukung pendudukan Israel atas Palestina,” kata Arif dalam keterangan resminya, Sabtu (6/4/2024).

Baca juga: Mengapa Israel Begitu Kaya Raya?

Arief menyebut kampanye sebagian masyarakat yang beranggapan kalau Danone terafiliasi dengan Israel dinilainya kurang tepat.

Selain daftar dari PBB, sambung dia, perusahaan juga tidak masuk dalam daftar sasaran boikot dari Palestinian BDS National Committee (BNC).

“Dalam daftar itu, Danone lagi-lagi tidak masuk dalam target utama pemboikotan,” ucap Arif.

Sebagai entitas swasta, kata dia, Danone tidak memiliki afiliasi dengan politik di mana pun.

"Misi Danone adalah meningkatkan kesehatan melalui makanan dan minuman. Danone merupakan entitas bisnis yang tidak memiliki keterkaitan atau melibatkan diri dalam pandangan politik ataupun hal-hal di luar wilayah bisnis," kata Arif.

Baca juga: Danone Buka Suara Tanggapi Seruan Boikot Aqua

Arif mengatakan Danone merupakan perusahaan publik yang beroperasi di 120 negara dengan karyawan dari beragam latar belakang etnis dan budaya.

"Sebaliknya, Danone berkomitmen untuk menjadikan bisnis sebagai kekuatan untuk mengalirkan kebaikan kepada masyarakat," sambung Arif.

Danone tidak memiliki afiliasi politik dengan konflik yang terjadi di Timur Tengah. Justru, sebut Arif, perusahaannya sudah banyak berinvestasi di Indonesia dan membuka banyak lapangan kerja.

"Danone tidak memiliki pabrik dan tidak beroperasi di Israel. Di Indonesia, Danone memiliki 25 pabrik dengan 13.000 karyawan dan melayani lebih dari 1 juta pedagang di seluruh negeri," kata Arif.

Baca juga: [POPULER MONEY] Danone Buka Suara Tanggapi Seruan Boikot Aqua | Jokowi Pangkas Penarikan Utang Pemerintah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com