Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Danone Indonesia Dukung Pengelolaan Air Berkelanjutan

Kompas.com - 22/05/2024, 21:02 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Danone Indonesia menyatakan dukungannya dalam pelestarian sumber daya air. Perseroan juga mendukung upaya pemerintah dalam menangani permasalahan air di Indonesia.

Keberlanjutan sumber daya air merupakan tantangan pemerintah dan masyarakat di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Hampir 703 juta orang di seluruh dunia tidak memiliki akses terhadap air.

Lebih lanjut lagi, Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) memperkirakan bahwa pada 2025, 1,8 miliar orang akan tinggal di negara atau wilayah dengan kekurangan air mutlak.

Baca juga: Tingkatkan Akses Air Bersih, Holding BUMN Danareksa Bangun SPAM di Bandung

Ilustrasi air bersih, penyediaan air bersih.PIXABAY/SIMON KADULA Ilustrasi air bersih, penyediaan air bersih.

Dampak lainnya menurut Bank Dunia, kelangkaan air bisa mengurangi produk domestik bruto (PDB) global hingga 2,5 persen pada tahun 2045 akibat kerugian terkait air dalam sektor pertanian, kesehatan, pendapatan, dan kemakmuran.

Vera Galuh Sugijanto, VP General Secretary Danone Indonesia menyatakan, permasalahan air merupakan isu yang krusial dan mendesak untuk diselesaikan, sejalan dengan upaya keberlanjutan operasional perusahaan.

"Kami percaya pengelolaan air berkelanjutan, atau integrated water resources management, memiliki kekuatan besar untuk menjadi salah satu solusi bagi permasalahan ketersediaan air. Kami juga percaya peran penting pihak swasta dalam mendukung keberhasilan pengelolaan air berkelanjutan bekerja sama dengan berbagai pihak, terutama pemerintah," kata Vera dalam keterangannya, Rabu (22/5/2024).

Sementara itu, Henri Bruxelles, Chief Sustainability & Strategic Business Development Danone pada ajang World Water Forum 2024 mengatakan, bagi Danone, air merupakan hal krusial dalam misi dan perjalanan perusahaan.

Baca juga: Tingkatkan Produksi Beras di Jateng, Kementan Beri Bantuan 10.000 Unit Pompa Air

"Kami telah mengambil langkah-langkah konkret untuk mendukung upaya konservasi air, sambil mendorong pengurangan penggunaan air dan perlindungan di seluruh rantai nilai kami, serta meningkatkan akses ke air minum yang aman, sejalan dengan strategi keberlanjutan perusahaan, Danone Impact Journey," ujar dia.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com