Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setoran Pajak Loyo, Pendapatan Negara Turun

Kompas.com - 28/05/2024, 05:08 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat, realisasi pendapatan negara turun secara tahunan (year on year/yoy) hingga pengujung April 2024. Ini selaras dengan setoran pajak yang merosot.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, realisasi pendapatan negara mencapai Rp 924,9 triliun sampai dengan April 2024. Nilai ini setara dengan 33 persen dari target yang telah ditetapkan sebesar Rp 2.802,3 triliun.

"Namun kalau dilihat dari tingkat pendapatan negara yang kita kumpulkan terjadi penurunan (7,6 persen) dibanding tahun lalu," ujar dia, dalam konferensi pers APBN KiTa edisi Mei 2024, di Jakarta, Senin (27/5/2024).

Baca juga: Pemerintah Kantongi Rp 24,12 Triliun dari Pajak Digital, Fintech, hingga Kripto

Jika dilihat lebih rinci, penurunan pendapatan itu utamanya disebabkan oleh setoran pajak yang terkontraksi. Sri Mulyani melaporkan, realisasi penerimaan pajak sebesar Rp 624,2 triliun, turun 9,3 persen secara tahunan.

Dilihat berdasarkan jenisnya, sejumlah setoran pajak dengan kontribusi besar memang turun signifikan. Seperti pajak penghasilan (PPh) badan yang merosot 35,5 persen secara tahunan.

Selain itu, pajak pertambahan nilai (PPN) dalam negeri dengan kontribusi 20,4 persen turun 13,9 persen secara tahunan. Sri Mulyani bilang, penurunan itu terjadi karena adanya peningkatan restitusi pada sektor industri pengolahan, perdagangan, dan pertambangan.

"Terutama yang berasal dari kompensasi lebih bayar tahun-tahun sebelumnya," ujar Sri Mulyani.

Sementara itu, setoran negara yang berasal dari kepabeanan dan cukai tercatat sebesar Rp 95,7 triliun. Nilai ini naik tipis, yakni 1,3 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Dilihat berdasarkan komponennya, setoran bea keluar menjadi satu-satunya jenis setoran kepabeanan dan cukai yang meningkat. Tercatat setoran bea keluar sebesar Rp 5,8 triliun, melesat 33 persen secara tahunan.

Lalu, setoran yang berasal dari bea masuk nilainya mencapai Rp 15,7 triliun, turun 0,5 persen secara tahunan. Kemudian, setoran cukai nilainya Rp 74,2 triliun, juga turun 0,5 persen secara tahunan.

Adapun setoran yang berasal dari penerimaan negara bukan pajak (PNBP) realisaisnya sebesar Rp 203,3 triliun. Nilai ini turun 6,7 persen secara tahunan.

Baca juga: Pendapatan Negara Turun, Surplus APBN Terpangkas Jadi Rp 22,8 Triliun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com