Beli Masker di Kimia Farma Hanya Boleh Dua Lembar per Orang

Kompas.com - 04/03/2020, 15:01 WIB
Contoh masker yang dijual di Indomaret KOMPAS.com/ BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA LADJARContoh masker yang dijual di Indomaret

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah memerintahkan PT Kimia Farma (Persero) Tbk untuk membatasi masyarakat dalam membeli masker.

Hal ini dilakukan agar ketersediaan stok masker di Indonesia terus terjamin. Saat ini, ada sekitar 215.000 stok masker milik Kimia Farma.

“Bahkan, Kimia Farma sudah membatasi bahwa misalnya (satu) orang (tidak boleh) beli lebih dari dua,” ujar Erick saat meninjau salah satu Apotek Kimia Farma di Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Baca juga: Erick Thohir Larang Kimia Farma Naikkan Harga Masker dan Hand Sanitizer

Selain membatasi pembeliannya, Erick Thohir juga melarang Kimia Farma menaikan harga masker. Saat ini, masker jenis kain di Kimia Farma dijual seharga Rp 2.000 per lembarnya.

“Harga kita pastikan tidak ada harga yang, maaf ketika masyarakat susah, Kimia Farma menaikkan harga. Itu fungsinya BUMN hadir untuk rakyat,” kata Erick.

Sementara itu, Direktur Utama Kimia Farma Verdi Budidarmo menambahkan, pihaknya juga berencana kembali memesan masker dari China.

“Kondisi sementara ini kami masih melakukan pemesanan 7,2 juta pcs. Yang untuk masker kain kita pastikan bahwa harga 2.00 perak per pcs,” ucap dia.

Baca juga: KPPU: Belum Ada Dugaan Pelanggaran Harga Masker



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X