Stok Pangan Nasional Aman Jelang Puasa, Termasuk Empon-empon ?

Kompas.com - 12/03/2020, 14:51 WIB
Puji (50) penjual rempah-rempah,  menunjukkan paket empon-empon corona di Pasar Wage Purwokerto, Jawa Tengah, Selasa (3/3/2020). KOMPAS.COM/FADLAN MUKHTAR ZAINPuji (50) penjual rempah-rempah, menunjukkan paket empon-empon corona di Pasar Wage Purwokerto, Jawa Tengah, Selasa (3/3/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Stok pangan di Pasar Induk Kramat Jati Jakarta Timur dipastikan aman menjelang bulan puasa dan Lebaran 2020.

Ini juga berlaku pada stok empon-empon atau rempah yang sedang marak diburu masyarakat.

Pagi ini, Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P Roeslani, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perdagangan, Benny Soetrisno dan Dirut PD Pasar Jaya Arief Nasrudin melakukan kunjungan lapangan untuk memastikan ketersediaan stok.

Baca juga: Satgas Pangan Bakal Tangkap Pedagang yang Naikkan Harga Seenaknya

"Baru-baru ini lagi tren rempah-rempah atau empon-empon harganya naik, tapi stok pangan insya Allah stabil. Walau kita krisis corona, maayarakat teredukasi dan memang sebenarnya pangan stabil dan enggak ada apa-apa," kata Arief, Kamis (12/3/2020).

Namun demikian, Arief meminta pemerintah untuk memberikan kemudahan birokrasi agar proses distribusi bisa berjalan lancar, mengurangi kelangkaan komoditi dan mengantisipasi harga melonjak

"Tolong pemerintah juga ada administrasi error, karena sedikit saja terpicu, cepat sekali harga berubah. Mudah-mudahan enggak ada letupan harga lagi," ungkapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini dikatakan Arief mengingat stok bawang bombai yang menipis yang membuat harga bawang bombai mahal.

Baca juga: Empon-empon Mahal, Penjual Jamu Terpaksa Naikkan Harga

Sehingga pemerintah diharapkan mampu bekerja sama untuk memastikan kebutuhan komsumsi terpenuhi.

Di samping itu, Rosan menyebut sejauh ini ketersediaan beberapa barang komoditas penting masih langka dan dibatasi.

Misalkan saja gula, yang diklaim langka saat ini sehingga harga juga turut melonjak. Apalagi saat ini secara historis permintaan gula meningkat menjelang puasa.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.