Erick Thohir: Himbara Telah Restrukturisasi Kredit Senilai Rp 229 Triliun

Kompas.com - 07/07/2020, 14:47 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir saat peluncuran logo Kementerian BUMN, Rabu (1/7/2020). Dokumentasi Kementerian BUMNMenteri BUMN Erick Thohir saat peluncuran logo Kementerian BUMN, Rabu (1/7/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, hingga akhir Juni 2020 Himbara telah merestrukturisasi 3,2 juta debitur yang bisnisnya terdampak pandemi Covid-19.

Hal tersebut dilakukan dalam rangka membantu para pelaku usaha agar bisa bangkit di tengah pandemi ini.

“Sampai dengan 30 Juni 2020 BUMN melalui Himbara telah melakukan restrukturisasi kredit atas debitur terdampak Covid-19 sebanyak 3,2 juta debitur, dengan nilai kredit sebesar Rp 229 Triliun,” ujar Erick, Selasa (7/7/2020).

Baca juga: Imbas Corona, Sejumlah Maskapai Parkirkan Pesawatnya di Gurun

Erick menambahkan, Himbara telah mendapat dana dari pemerintah sebesar Rp 30 Triliun untuk disalurkan kepada pelaku UMKM melalui fasilitas kredit. Dana tersebut masuk dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Terhadap penempatan dana tersebut, tercatat dari tanggal 25 Juni sampai  6 Juli 2020, Hinbara telah melakukan penyaluran kredit kepada 132.000 nasabah dengan nilai sebesar Rp 11 Triliun,” kata Erick.

Tak hanya itu, lanjut Erick, pemerintah juga meluncurkan program penjaminan Kredit Modal Kerja (KMK) baru untuk UMKM, yang akan didukung oleh BUMN Himbara, Askrindo, Jamkrindo dan PT RIU.

“Hal ini diharapkan dapat mendukung perbankan untuk terus melakukan penyaluran kredit ke UMKM, dengan baik dan tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan,” ucap dia.

Baca juga: Alasan Sinarmas Asset Management Kembalikan Uang Terkait Jiwasraya



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X