Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi, RI Diminta Tiru Vietnam

Kompas.com - 23/09/2020, 16:36 WIB
Mutia Fauzia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia diyakini bakal mengalami resesi pada kuartal III tahun ini.

Sebab, pada kuartal III 2020, pertumbuhan ekonomi diperkirakan bakal kembali minus di kisaran 2,9 persen hingga minus 1,1 persen. Sementara pada kuartal II lalu, kinerja perekonomian RI telah mencatatkan kontraksi hingga minus 5,23 persen.

Banyak negara di dunia yang tercatat telah mengalami resesi, seperti Amerika Serikat yang pada kuartal II mencatatkan pertumbuhan ekonomi minus 32,9 persen usai mencatatkan pertumbuhan negatif sebesar minus 5 persen pada kuartal I 2020.

Baca juga: Resesi Ekonomi Kian Dekat, Apa yang Akan Kita Rasakan?

Selain itu, adapula Singapura mengalami kontraksi sebesar 42,9 persen secara kuartalan (quarter to quarter) pada kuartal kedua II 2020.

Berdasarkan proyeksi yang didasarkan pada data bulan April dan Mei, perekonomian Negeri Singa diproyeksi bakal merosot 41,2 persen secara pada kuartal II 2020 jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Namun demikian, masih ada negara yang perekonomiannya tak terperosok ke jurang resesi di tengah kondisi pandemi, yakni Vietnam.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira Adhinegara mengatakan, seharusnya metode Vietnam dalam penanganan pandemi sekaligus menjaga kinerja perekonomian bisa menjadi contoh buat Indonesia.

Baca juga: Vietnam Dianggap Berhasil Tangani Gelombang Kedua Covid-19, Apa yang Bisa Dipelajari?

Pasalnya, meski perekonomian Vietnam juga tertekan dampak pandemi, namun pertumbuhan ekonominya tak terperosok ke zona negatif.

Pada kuartal I 2020, ekonomi Vietnam hanya tumbuh 3,82 persen. Sementara pada kuartal IV tahun sebelumnya, perekonomian Vietnam tumbuh 6,97 persen.

Adapun pada kuartal II, ekonomi Vietnam masih bisa tumbuh 0,36 persen.

"Karena (Vietnam) cepat lakukan penanganan dan bantuan sosial Vietnam cukup efektif sehingga disiplin masyarakat tinggi dalam mengikuti arahan pemerintah," ujar Bhima ketika dihubungi Kompas.com, Rabu (23/9/2020).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com