Agar Tetap Cuan, Begini Strategi Investasi untuk Tahun 2021

Kompas.com - 23/10/2020, 09:06 WIB
Ilustrasi investasi Dok. SHUTTERSTOCK/LOOKERSTUDIOIlustrasi investasi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kondisi pandemi Covid-19 hingga kini belum usai, padahal tidak lama lagi akan tutup tahun 2020 dan memasuki tahun 2021.

Lalu, bagaimana strategi investasi di tahun 2021 yang penuh dengan ketidakpastian ?

Presiden Direktur CSA Institute Aria Santoso mengatakan ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan oleh para investor agar investasi dengan harapan imbal hasil tidak surut lantaran ketidakpahaman investor akan strategi yang tepat.

Baca juga: Simak, Ciri-ciri dan Modus Investasi Ilegal

Strategi investasi untuk tahun 2021 tetap pilih perusahaan yang baik, yang earningnya positif dan tetap bisa menghasilkan keuntungan,” kata Aria dalam Capital Market Summit & Expo, Kamis (22/10/2020).

Aria mengatakan, investor juga harus memahami andai kata perusahaan go public yang mengalami perlambatan dalam kinerjanya.

Strategi perusahaan untuk mempertahankan eksistensi bisnis perlu menjadi pertimbangan investor.

Dia bilang, penyesuaian strategi secara efisien pada perusahaan guna mempertahankan kriteria pendapatan tetap positif cukup penting bagi investor. Dengan begitu fundamental perusahaan teruji dalam kondisi-kondisi yang bergejolak.

Baca juga: Investor Perlu Pahami Risiko Investasi, Kenapa?

“Andaikan memang perusahaan mengalami perlambatan, kita bisa melihat bagaimana manajemen bisa menguasainya dengan baik. Kalaupun terjadi penurunan, tentunya penurunan tidak telalu dalam,” jelas dia.

Aria juga menyarankan, investor untuk mencari perusahaan yang masih memiliki pertumbuhan dalam kinerjanya, seperti laba korporasi yang positif, dan supply demand yang seimbang.

“Kita melihat masih ada bebeapa emiten yang bisa memertahankan pertumbuhan. Paling tidak jika ada perlambatan, perlambatan tidak terdalu dalam,” jelas dia.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X