Tips Pertahankan Bisnis di Tengah Pandemi Ala Revolt Industry

Kompas.com - 02/11/2020, 12:03 WIB
Owner Revolt Industry Agung Dwi Kurnianto di suatu acara di Surabaya, Sabtu (25/8/2018) KOMPAS.com/Putri Syifa NurfadilahOwner Revolt Industry Agung Dwi Kurnianto di suatu acara di Surabaya, Sabtu (25/8/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM) menjadi sektor paling terdampak pandemi Covid-19. Tak terkecuali Revolt Industry, sebuah usaha lokal dari Surabaya, berfokus pada aksesoris pria berupa barang-barang berbahan dasar kulit.

Pemilik Revolt Industry, Agung D. Kurnianto mengatakan, usahanya termasuk yang terdampak pandemi Covid-19. Dia mengaku, omzetnya menurun 70 persen saat pandemi Covid-19 menghantam sejak Maret 2020 lalu.

Kemerosotan akibat pandemi justru lebih parah dibanding peristiwa kebakaran yang sempat dialami Revolt Industry pada Desember 2014 silam, beberapa bulan setelah usahanya mulai rilis.

"Karena kita sudah punya 52 karyawan, sudah punya banyak barang, punya pasar yang harus dijaga, entah itu kepercayaan, atau relasinya," kata Agung saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (31/10/2020).

Baca juga: Resign di Tengah Pandemi, Wim Jadi Tukang Sayur Beromzet Puluhan Juta Rupiah

Namun sesuai namanya, Revolt, yang artinya perlawanan, Agung punya beberapa cara agar bisa bertahan di tengah pandemi. Agung mungkin bukan satu-satunya UMKM lokal yang berhasil, tapi tips ini bisa kamu aplikasikan ke dalam bisnismu.

1. Pasarkan secara online

Bukan hal aneh lagi pemasaran secara online membuat pelangganmu datang dari berbagai penjuru dunia. Karena Agung tak ingin melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) kepada karyawannya, Agung menggunakan media sosial untuk menebar berbagai promo dan kampanye melawan Covid-19.

Nantinya hasil diskon kembali digunakan untuk membeli produk dan dibagikan untuk gerakan-gerakan di Surabaya.

"Jadi kita mengadakan promo melalui media sosial, mengadakan diskon, mengadakan campaign yang namanya Cofight-19, kita ajak lokal industri kreatif pakai campaign itu untuk saling membantu," cerita Agung.

2. Terus berinovasi

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X