Airlangga Tekankan Pentingnya Energi Terbarukan untuk Perekonomian Nasional

Kompas.com - 03/12/2020, 14:35 WIB
Airlangga Hartarto DOK KEMENKO PEREKONOMIANAirlangga Hartarto

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menilai, sektor minyak dan gas atau migas memiliki peranan yang sangat penting terhadap perekonomian nasional.

Selain menjadi pemasok kas negara, sektor tersebut juga memiliki efek berkesinambungan terhadap industri lainnya, dengan pasokan energi yang disediakan.

"Pemerintah sadar betul industri hulumigas memegang peranan strategis untuk mendukung program pertumbuhan ekonomi," katanya dalam sebuah seminar virtual, Kamis (3/12/2020).

Baca juga: Menurut Bos BI, Ini yang Harus Dilakukan untuk Dorong Pemulihan Ekonomi

Namun, untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi di tengah pandemi Covid-19 lagi melalui sektor energi, diperlukan upaya lebih oleh berbagai pihak.

Salah satunya ialah melalui pengembangan sektor energi baru terbarukan (EBT). Ia bahkan meminta agar pengembangan sektor energi ramah lingkungan melebihi target yang telah ditetapkan.

"Pertumbuhan ekonomi yang secara eksponensial membutuhkan energi yang tumbuh secara eksponensial juga dan dengan tren yang ada. Diharapkan energi baru dan terbarukan dapat tumbuh dari data rencana umum energi nasional sektor migas tetap perlu tumbuh lebih dari 2 kali lipat," tuturnya.

Lebih lanjut Airlangga menjelaskan, salah satu indikator pentingnya industri migas terhadap perekonomian nasional ialah realisasi investasi di Indonesia yang mencapai 10 miliar dollar AS atau setara Rp 141 triliun (asumsi kurs Rp 14.100 per dollar AS).

Hal tersebut memberikan multiplier effect terhadap perekonomian Indonesia, salah satunya ialah penyerapan tenaga kerja.

"Faktor multiplier effect yang bisa mencapai 1,6 kali dengan penyerapan tenaga kerja yang cukup tinggi. Sebagai sumber energi dan bahan baku industri migas memegang peranan penting dalam mendukung pengembangan industri di Indonesia," ucapnya.

Baca juga: Jokowi Sebut Sinyal Positif Pemulihan Ekonomi Kian Jelas



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X