Kembangkan Rumah Rendah Emisi, BTN Dapat Pembiayaan hingga 100 Juta Euro dari Perancis

Kompas.com - 21/12/2020, 12:41 WIB
Ilustrasi rumah. Dok. PT Perintis Triniti Properti TbkIlustrasi rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk dan Agence Française de Développement (AFD), sebuah lembaga keuangan Perancis, sepakat berkolaborasi dalam pengembangan sektor perumahan rendah emisi dan terjangkau di Indonesia.

Hal ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua belah pihak yang diwakili oleh Direktur Finance, Planning and Treasury Bank BTN, Nixon L.P. Napitupulu dan AFD Country Director Emmanuel Baudran pada akhir November 2020 lalu.

Nixon mengatakan, perjanjian ini merupakan rencana kerja sama kedua institusi dalam mengembangkan proyek terutama terkait dengan penanganan perubahan iklim.

Bank BTN sedang melakukan penjajakan untuk memperoleh pembiayaan jangka panjang di bidang properti khususnya green financing," kata Nixon dalam siaran pers, Senin (21/12/2020).

Baca juga: Selama 44 Tahun, BTN Sudah Kucurkan KPR Rp 317 Triliun

Dalam rencana tersebut, kedua institusi akan mempelajari penggunaan konsep Perumahan Smart City guna memberikan nilai tambah pada kawasan yang berpotensi untuk dikembangkan. 

Nixon bilang, BTN ingin berkontribusi pada pembiayaan properti ramah lingkungan yang masih terjangkau untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Begitu juga mendukung upaya pemerintah dalam Kebijakan Energi Nasional yang menetapkan pengurangan intensitas energi sebesar 17 persen hingga tahun 2025.

"Hal ini juga diharapkan dapat mengurangi backlog perumahan di Indonesia," ucap Nixon.

Adapun saat ini, AFD dan Bank BTN telah berdiskusi mengenai struktur pinjaman, proyek properti yang akan dibiayai melalui funding dari AFD, dan potensi pembiayaan sampai dengan 100 juta euro.

Pembiayaan dari AFD akan digunakan untuk membiayai proyek perumahan dengan konsep green financing di Indonesia. Namun, dengan harga yang masih terjangkau bagi kalangan MBR.

Baca juga: Dirut BTN: Sektor Perumahan Masih Tumbuh 1,9 Persen Saat Pandemi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.