Sistem Kliring Bank Sentral AS Terganggu, Layanan Keuangan Terdampak

Kompas.com - 25/02/2021, 07:00 WIB
Ilustrasi dollar AS Thinkstock.comIlustrasi dollar AS

WASHINGTON, KOMPAS.com - Bank sentral Amerika Serikat, The Federal Reserve, alami gangguan sistem dalam beberapa jam, Rabu (24/2/2021) waktu setempat.

Gangguan tersebut salah satunya terkait dengan sistem pengiriman uang elektronik untuk institusi keuangan.

Dilansir dari CNBC, Kamis (25/2/2021) kesalahan operasional berdampak terhadap beberapa hal, termasuk di dalamnya sistem clearinghouse otomatis yang sangat penting, yang menghubungkan penyimpanan dan lembaga terkait yang mengirimkan kredit elektronik dan transfer uang.

The Fed pun menyatakan tidak ada indikasi terkait adanya kecurangan terkait gangguan tersebut.

Baca juga: Neobank di Indonesia, Saingan atau Ancaman bagi Lembaga Keuangan Lainnya?

Selain layanan clearinghouse, sistem lain yang terkena dampak termasuk di dalamnya Account Services, Central Bank, Check 21, Check Adjustments, FedACH, FedCash, FedLine Advantage, FedLine Command, FedLine Direct, FedLine Web, Fedwire Funds, Fedwire Securities, serta National Settlement.

Keterangan dari The Fed menjelaskan, bank sentral tersebut menyadari adanya gangguan pada pukul 11.15 waktu Eastern Time (ET) dan baru kembali beroperasi normal pukul 14.45 ET.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Fedwire Funds Service, Fedwire Securities Service, dan National Settlement Service telah bisa beroperasi normal," ujar The Fed.

Di dalam pernyataan resmi dijelaskan, gangguan sistem tersebut berdampak terhadap jangka waktu pembayaran. The Fed pun mengatakan bakal mengomunikasikan hal tersebut kepada pengguna layanan mereka.

Gangguan tersebut terjadi di pekan yang sama dengan Gubernur The Fed, Jerome Powell berbicara dengan legislator di Capitol Hill terkait kemajuan bank sentral dalam hal sistem dan upaya mereka mengembangkan dollar digital.

Baca juga: Garuda Indonesia “Sulap” 2 Pesawat Airbus Jadi Angkutan Khusus Kargo

Powell pun mengatkan tahun ini merupakan tahun yang penting terkait pengembangan program tersebut.

Untuk diketahui, The Fed telah mengembangkan sistem layanan pembayaran digital dalam beberapa tahun. Layanan terrsebut diharapkan dapat membantu orang-orang yang belum tersentuk layanan perbankan bisa mengakses layanan sistem pembayaran.

Adapun gangguan sistem, terutama untuk sistem ACH bisa memiliki dampak yang luas. Sebab, sistem tersebut mengendalikan pembayaran langsung payroll, bantuan sosial, serta pengembalian Pajak Penghasilan (PPh), sekaligus pembayaran otomatis terkait mortgage serta taguhan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.