Besok, Bandara Halim Perdanakusuma Kembali Layani Penerbangan

Kompas.com - 21/03/2021, 20:25 WIB
Suasana lobi Bandara Halim Perdanakusuma pada H-5 Lebaran, Jumat (31/5/2019). KOMPAS.com/Ardito Ramadhan DSuasana lobi Bandara Halim Perdanakusuma pada H-5 Lebaran, Jumat (31/5/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (Persero) menyampikan bahwa Bandara Halim Perdanakusuma kembali melayani penerbangan mulai Senin (22/3/2021).

Hal itu setelah pesawat kargo Trigana Air nomor registrasi PK-YSF yang sempat keluar landasan di Bandara Halim Perdanakusuma sudah berhasil dievakuasi ke hanggar.

“Pesawat kargo Trigana Air yang keluar landasan sudah dipindahkan seluruhnya, dan saat ini tengah dilakukan pembersihan FOD di runway," ujar VP of Corporate Communication PT Angkasa Pura II Yado Yarismano dalam siaran pers, Minggu (21/3/2021).

"Besok, Senin 22 Maret 2021, Bandara Halim Perdanakusuma sudah dibuka kembali untuk penerbangan niaga berjadwal,” sambungnya.

Baca juga: Buntut Trigana Air Tergelincir, Penerbangan Hari Ini Dialihkan ke Soetta


Proses evakuasi atau pemindahan pesawat telah tuntas dilakukan pada sekitar pukul 15.45 WIB. Selanjutnya petugas melakukan pembersihan runway dari serpihan benda asing (Foreing Object Debris/FOD).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Yado mengatakan, proses pemindahan pesawat dilakukan oleh tim Rescue and Fire Fighting Services (RFFS) Bandara Halim Perdanakusuma, tim RFFS Bandara Soekarno-Hatta, serta didukung oleh Tim Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma.

Seperti diketahui, pesawat kargo Trigana Air melakukan pendaratan darurat pada Sabtu, 20 Maret 2021 di Bandara Halim Perdanakusuma.

Namun, pesawat kargo Trigana Air tersebut keluar landasan saat melakukan pendaratan darurat tersebut.

Akibatnya seluruh penerbangan niaga berjadwal, baik keberangkatan dan kedatangan di Bandara Halim Perdanakusuma, dipindahkan ke Bandara Soekarno-Hatta pada Sabtu dan Minggu, 21 Maret 2021.

Total, penerbangan yang dialihkan dari Bandara Halim Perdanakusuma ke Bandara Soekarno-Hatta sebanyak 49 penerbangan terdiri dari 22 keberangkatan dan 27 kedatangan.

Baca juga: Setelah Take Off, Pesawat Trigana Air Sempat Alami Kendala Teknis



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.