Kompas.com - 20/04/2021, 13:35 WIB
Ilustrasi belanja online (Dok. Shutterstock) Ilustrasi belanja online
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memastikan akan memberikan subsidi ongkos kirim belanja daring atau online pada gelaran Hari Belanja Online (Harbolnas) yang jatuh pada H-10 hingga H-5 Idul Fitri.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, dengan adanya subsidi tersebut, ongkos kirim belanja online pada periode tersebut akan ditanggung pemerintah atau platform penyedia.

Airlangga menyebut hal tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi nasional (PEN).

“Ongkos kirim ditanggung oleh pemerintah ataupun platform digital,” ujar Airlangga dalam keterangan tertulis, dilansir Selasa (20/4/2021).

Baca juga: Ada Posko THR, Serikat Pekerja: Jangan Sekedar Lips Service

Dalam rangka merealisasikan subsidi tersebut, pemerintah pun siap menganggarkan dana sebesar Rp 500 miliar.

Pengamat ekonomi Universitas Airlangga Rahma Gafmi menilai kebijakan pemberian subsidi untuk ongkos kirim pada Harbolnas 2021 dapat menjadi momentum untuk membangkitkan kembali perekonomian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rahma mengatakan kebijakan ini dapat memperkuat daya beli masyarakat dan mendorong penjualan barang konsumsi yang sempat lesu karena berkurangnya permintaan.

"Dengan meningkatnya daya beli masyarakat, produsen dapat meningkatkan produktivitasnya sehingga siklus bisnis berjalan normal. Perekonomian dapat menggeliat kembali," kata dia.

Baca juga: Catat, Hari Belanja Brand Lokal Digelar Mei 2021

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.