9 Tanda Rekan Kerja yang Super Menyebalkan, Kamu Termasuk?

Kompas.com - 01/05/2021, 17:00 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dunia kerja kerap diisi dengan orang-orang yang menjengkelkan. Baik itu bos, rekan kerja, sampai klien.

Tetapi, tunggu dulu. Jangan selalu menyalahkan orang lain. Mungkin saja kamu termasuk orang yang menyebalkan dan menjengkelkan itu.

Tanpa sadar, kamu telah membuat orang-orang di kantor merasa kesal dengan perilaku atau perangai maupun bicaramu.

Seperti dikutip dari Cermati.com, bila kamu bersikap sesuai tanda-tanda di bawah ini, maka kamu bagian dari orang-orang yang mengesalkan.

1. Sering mengganggu orang lain

Terkadang candaan atau gurauan di kantor adalah mengganggu rekan kerja. Tetapi kalau orang yang menyebalkan, mengganggunya ini tidak tahu waktu dan tempat.

Bukan saat jam istirahat, mengganggu ketika rekan kerja sedang bekerja. Tentu saja, gangguan ini dapat memengaruhi hasil kerja mereka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika rekan kerjamu jadi tidak fokus akibat ulahmu, yang kena semprot pasti mereka, bukan kamu. Jadi, hargai sesama rekan kerja di kantor.

Jangan demi kesenangan sendiri, jadi mengorbankan orang lain. Kalau seandainya rekan kerja melakukan hal yang sama, apa kamu bisa menerimanya?

2. Selalu bikin susah

Dalam dunia kerja, kamu tidak selamanya bekerja seorang diri. Ada kalanya kerja tim, dan membutuhkan bantuan orang lain.

Saat butuh bantuan orang lain, kamu selalu menyusahkan rekan kerjamu. Minta bantuan seenaknya sendiri, tanpa memikirkan rekan kerjamu juga sedang sibuk menyelesaikan tugasnya.

Maunya langsung ditanggapi atau ditolong. Tidak sabaran, padahal kamu belum berusaha maksimal sendiri sebelum meminta bantuan orang lain.

Seharusnya, kamu harus bisa menjadi problem solving untuk dirimu. Mengerjakan sendiri atau mengatasi kesulitanmu sendiri terlebih dahulu. Jika betul-betul tidak bisa atau sudah stuck, baru minta pertolongan orang lain.

3. Sulit dimintai bantuan

Saat lagi butuh, maunya cepat dibantu. Tetapi giliran rekan kerja atau orang lain butuh bantuan, kamu mengeluarkan seribu alasan. Banyak alibinya.

Bila sikapmu seperti ini, maka sudah pasti rekan kerja akan muak denganmu. Bahkan akan menjauh darimu. Kamu bakal dicap orang yang tak tahu balas budi dan egois.

Baca juga: Investasi Emas Diperkirakan Masih Akan Mengilap

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.