Jeff Bezos Jual Saham Amazon Senilai Rp 29 Triliun, Untuk Apa?

Kompas.com - 06/05/2021, 08:03 WIB
Pendiri Amazon, Jeff Bezos GeekWirePendiri Amazon, Jeff Bezos
Penulis Mutia Fauzia
|


NEW YORK, KOMPAS.com - CEO Amazon Jeff Bezos pekan ini telah menjual saham perusahaannya senilai 2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 29 triliun (kurs Rp 14.500).

Dilansir dari CNBC, Kamis (6/5/2021) berdasarkan dokumen Komisi Sekuritas dan Bursa setempat dijelaskan, Bezos telah menjual saham Amazon senilai 684 juta dollar AS pada hari Selasa (4/5/2021). Sebelumnya, ia juga sudah menjual sekitar 1,27 miliar dollar AS saham Amazon di hari Senin. Artinya, ia menjual sekitar 1,95 miliar dollar AS Amazon dalam dua hari terakhir.

Namun demikian, pihak Amazon tidak memberikan komentar mengenai aksi jual saham yang dilakukan oleh Bezos.

Baca juga: Meroket 224 Persen, Laba Amazon Capai Rp 117 Triliun di Kuartal I-2021

Aksi jual saham Amazon oleh Bezos tersebut dilakukan sepekan setelah perusahaan yang ia dirikan mempublikasikan laporan keuangan kuartal I-2021.

Kinerja Amazon berhasil melampaui ekspektasi para analis. Sebab, kinerja perusahaan tercatat kian cemerlang di tengah pandemi yang menyebabkan lonjakan aktivitas e-commerce.

Bezos sendiri diketahui telah melakukan aksi jual saham Amazon beberapa waktu terakhir, yakni pada Februari lalu sebesar 4,1 miliar dollar AS dan lebih dari 3 miliar dollar AS pada November tahun lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, pendiri Amazon tersebut juga sempat mengatakan akan menjual saham Amazon senilai 1 miliar dollar AS setiap tahun untuk mendanai perusahaan roketnya, Blue Origin.
Perusahaan tersebut kini juga tengah berkembang. Terakhir, Blue Origin mengumumkan untuk pertama kalinya bakal meluncurkan kru astronot mereka ke luar angkasa pada musim panas ini.

Baca juga: Kalahkan Jeff Bezos, Elon Musk Menangkan Kontrak Bangun Roket dari NASA

Bezos juga mengalokasikan modal tambahan untuk Day One Fund, organisasi yang dia luncurkan pada September 2018 untuk memberikan pendidikan di komunitas berpenghasilan rendah dan memerangi tunawisma. November lalu, yayasan tersebut memberikan 98,5 juta dollar AS dalam bentuk hibah kepada 32 kelompok.

Inisiatif ini diharapkan menjadi fokus utama Bezos setelah dia mengundurkan diri pada kuartal III-2021 mendatang.

Setelah lengser dari jabatannya, posisi Bezos akan digantikan oleh Andy Jassy. Sementara Bezos akan menduduki posisi sebagai Executive Chairman Amazon.

Baca juga: Gantikan Jeff Bezos Jadi CEO Amazon, Siapakah Andy Jassy?



Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.