Kompas.com - 14/05/2021, 08:15 WIB
Ilustrasi bitcoin, aset kripto, cryptocurrency. PEXELS/WORLDSPECTRUMIlustrasi bitcoin, aset kripto, cryptocurrency.

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga bitcoin dan aset kripto yang lain anjlok. Harga bitcoin per 13 Mei 2021 hingga pukul 20.30 WIB misalnya turun 10,97 persen di 49.788 dollar AS per BTC. Akibatnya kapitalisasi pasar bitcoin runtuh di bawah 1 triliun dollar AS menjadi 929 miliar dollar AS.

Kondisi ethereum, aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar kedua juga anjlok 10,95 persen menjadi 3.784 dollar AS per ETH. Akibatnya, market cap Ethereum tersisa 435 miliar dollar AS.

Harga Dogecoin pun sama saja. Harga DOGE turun 14,72 dollar AS menjadi 0,4151 dollar AS per DOGE. Sehingga, kapitalisasi pasar dogecoin tersisa 53,21 miliar dollar AS.

Baca juga: Pertimbangkan 3 Hal Penting Ini Sebelum Investasi Kripto

Pasar cryptocurrency anjlok setelah miliarder Elon Musk dan salah satu pendiri ethereum Vitalik Buterin membuat kejutan. Penurunan tajam dipicu oleh Buterin, miliarder crypto termuda di dunia, tiba-tiba memindahkan cryptocurrency senilai lebih dari 2 miliar dollar AS.

Buterin menyumbangkan 1 miliar dollar AS dalam bentuk token meme, dogecoin ke India Covid Relief Fund dan berbagai badan amal lainnya serta memindahkan token eter etherum senilai 1,3 miliar dollar AS dari alamat publik utamanya ke dompet terpisah

Sementara itu, miliarder Tesla Elon Musk menghentikan penggunaan bitcoin pembelian mobil Tesla. Aksi tersebut menyebabkan kekhawatiran karena pendiri ethereum mencairkan kepemilikan cryptocurrency dan menjatuhkan harga ethereum dari level tertinggi baru-baru ini lebih dari 4.000 dollar AS per token eter.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pasar mata uang kripto telah buble hingga lebih dari 2 triliun dollar AS tahun ini, dengan bitcoin sebagai mata uang kripto terbesar di dunia dengan kapitalisasi pasar sekitar 1 triliun dollar AS.

Pertumbuhan pasar crypto juga telah didukung oleh harga ethereum yang melonjak dan kegilaan spekulatif juga diikuti oleh dogecoin.

Baca juga: Selain OJK, Otoritas Internasional Juga Wanti-wanti soal Investasi Aset Kripto

Di tempat lain, Elon Musk, kepala eksekutif Tesla dan pendukung lama Bitcoin, mengumumkan perusahaannya akan menangguhkan penggunaan bitcoin pelanggan untuk membeli kendaraannya.

"Cryptocurrency adalah ide yang bagus di banyak tingkatan dan kami percaya ini memiliki masa depan yang menjanjikan, tetapi ini tidak bagus untuk lingkungan biaya," kata Musk melalui Twitter.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.