Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyaluran Kredit Perbankan hingga Mei 2021 Masih Terkontraksi

Kompas.com - 24/06/2021, 05:20 WIB
Rully R. Ramli,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat, penyaluran kredit perbankan terus mengalami pertumbuhan secara bulanan, tetapi masih terkontraksi jika secara tahunan atau year on year.

Deputi Komisioner Humas dan Logistik OJK Anto Prabowo mengatakan, penyaluran kredit perbankan pada Mei 2021 tumbuh Rp 32,23 triliun dibanding bulan sebelumnya, tetapi masih terkontraksi 1,23 persen secara yoy.

“Nilai kontraksi semakin kecil. Perbaikan ini meneruskan tren positif selama 4 bulan ke belakang seiring berjalannya stimulus pemerintah, OJK, dan otoritas terkait lainnya,” tuturnya dalam keterangan tertulis, dikutip pada Kamis (24/6/2021).

Baca juga: Tokopedia Luncurkan Toko Score, Layanan Penilai Kredit Berbasis Digital

Pada saat bersamaan, OJK mencatat, profil risiko lembaga jasa keuangan pada Mei 2021 masih relatif terjaga dengan rasio non-performing loan (NPL) gross tercatat sebesar 3,35 persen dan rasio non-performing finance (NPF) perusahaan pembiayaan Mei 2021 meningkat menjadi 4 persen.

Anto menambahkan, untuk dana pihak ketiga (DPK) perbankan mengalami pertumbuhan dua digit, yakni sebesar 10,73 persen yoy.

Lalu, rasio alat likuid atau non-core deposit dan alat likuid atau DPK per Mei 2021 terpantau masing-masing pada level 150,96 persen dan 32,71 persen, di atas threshold masing-masing sebesar 50 persen dan 10 persen.

“Likuiditas perbankan sampai saat ini masih berada pada level yang memadai,” kata Anto.

Baca juga: Dorong Pemulihan Ekonomi, BRI Kucurkan Kredit UMKM Rp 914 Triliun

Permodalan lembaga jasa keuangan juga masih pada level yang memadai, terefleksikan dengan capital adequacy ratio industri perbankan tercatat sebesar 24,38 persen.

“OJK secara berkelanjutan melakukan asesmen terhadap sektor jasa keuangan dan perekonomian guna menjaga momentum percepatan pemulihan ekonomi nasional,” ucap Anto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com