Kompas.com - 08/07/2021, 05:40 WIB
ilustrasi pengusaha Thinkstock.comilustrasi pengusaha

KOMPAS.com - Mendirikan startup merupakan sebuah perjuangan, mulai mencari produk terbaik untuk segmen pasar tertentu hingga mempertahankan bisnis itu sendiri.

Apalagi dalam mengelola keuangannya benar-benar harus membutuhkan effort yang besar. Terlebih untuk startup atau perusahaan dengan modal awal dari pribadi dengan jumlahnya tidak banyak.

Mengutip dari Entrepreneur, Kamis (8/7/2021), berikut adalah 8 tips untuk membantu Anda menghindari beberapa kesalahan keuangan umum yang dilakukan pengusaha saat memulai bisnis baru.

Baca juga: Usai Pandemi, Ledakan Startup Diyakini Bakal Terjadi

1. Manajemen arus kas adalah kuncinya.

Kebanyakan perusahaan atau startup gagal karena berbagai alasan, tetapi satu jauh lebih umum daripada yang lain kehabisan uang. Anda perlu tahu dari mana setiap uang berasal dan ke mana perginya.

2. Lacak dan pantau semua pengeluaran

Startup akan mengalami pengeluaran dari segala arah. Mempekerjakan staf penuh waktu untuk menangani pembukuan pada awalnya tidak terlalu ramah anggaran. Jadi gunakan perangkat lunak akuntansi untuk tetap teratur.

Ini tidak hanya akan membantu manajemen arus kas, tetapi juga membuatnya lebih mudah ketika waktu pajak bergulir setiap tahun. Saat Anda tumbuh dan akuntansi menjadi lebih kompleks, Anda perlu mempertimbangkan untuk mempekerjakan seorang profesional.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Tips Membangun Bisnis Startup, Kecepatan adalah Kunci

3. Batasi pengeluaran tetap di awal

Pada tahap awal startup, menjaga pengeluaran Anda tetap rendah adalah kunci umur panjang. Anda tidak perlu kantor besar yang rumit di jantung kota Anda atau makanan lengkap tiga kali sehari.

Beroperasilah secara efisien sehingga Anda dapat mengalokasikan sebagian besar modal Anda untuk pertumbuhan bisnis.

Terlalu banyak startup yang fokus pada hal yang salah, seperti kantor mewah dan fasilitas mewah. Sementara, mereka lupa bahwa menghasilkan pendapatan harus menjadi prioritas utama mereka.

4. Tetap optimistis tapi bersiaplah untuk yang terburuk

Anda tidak pernah tahu apa yang bisa terjadi ketika memulai bisnis, jadi yang terbaik adalah mempersiapkan diri untuk kemungkinan situasi terburuk. Jangan berhenti dari pekerjaan awal Anda sampai bisnis Anda dapat menggantikan pendapatan tersebut.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.