Beda Bank di Jepang dan RI: Bunga Pinjaman Sangat Rendah

Kompas.com - 16/07/2021, 15:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Bank Danamon Indonesia Tbk Yasushi Itagaki membeberkan perbedaan kondisi industri perbankan di Indonesia dengan Jepang.

Secara fundamental, perbankan nasional dengan perbankan di Negeri Sakura itu tidak jauh berbeda.

Namun, perbedaan yang paling mencolok adalah kondisi suku bunga antar kedua negara. Yasushi mengatakan, suku bunga perbankan di Jepang saat ini berada di posisi sangat rendah.

Baca juga: Inilah Perbedaan Bank Digital dan Bank yang Beri Layanan Digital Banking

Bahkan, bunga tabungan perbankan berada di kisaran 0 persen hingga mencapai minus.

"Artinya jika Anda menaruh deposit di bank anda tidak bisa menikmati bunga," kata Yasushi dalam webinar Ulang Tahun Bank Danamon ke-65, Jumat (16/7/2021).

Dengan rendahnya suku bunga, pada saat bersamaan nasabah bank di Jepang dapat melakukan pinjaman dengan bunga yang relatif sangat rendah.

Yasushi menjelaskan, kondisi tersebut diakibatkan demografi Jepang, dimana populasinya terus menyusut. Pada saat bersamaan, masyarakat Jepang didominasi oleh berusia dewasa.

Hal tersebut mengakibatkan semakin sedikit masyarakat Jepang yang ingin melakukan pinjaman ke bank.

Baca juga: Strategi Menyelamatkan Bank Muamalat Indonesia

"Tapi banyak orang yang ingin berinvestasi atau menempatkan deposit," ujar Yasushi.

Dengan melihat kondisi suku bunga tersebut, Yasushi menilai, tantangan fundamental bank di Jepang jauh lebih sulit dibandingkan dalam negeri, yang disebut masih memiliki potensi besar untuk terus tumbuh.

"Bank di Indonesia lebih lukratif dan kesempatannya lebih besar," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.