Pemerintah Sudah Gelontorkan Rp 10,6 Triliun buat Pengadaan Vaksin

Kompas.com - 22/07/2021, 05:04 WIB
Ilustrasi vaksin SHUTTERSTOCK/PalSandIlustrasi vaksin

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, realisasi belanja untuk pengadaan vaksin mencapai Rp 10,6 triliun. Anggaran tersebut digunakan untuk membeli 53,9 juta dosis vaksin.

"Kalau realisasi pengadaan anggaran yang dipakai untuk membeli vaksin mencapai Rp 10,6 triliun atau untuk pembayaran 53,9 juta dosis," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN Kita, Rabu (21/7/2021).

Sri Mulyani merinci, total vaksin yang sudah diberikan hingga 19 Juli 2021 mencapai 58,79 juta. Pemberian tersebut terdiri dari 42,34 juta dosis I dan 16,45 juta dosis II.

Baca juga: 3 Cara Cek Sertifikat Vaksin di Pedulilindungi dari Handphone

"Suplai vaksin yang sudah dirilis mencapai 78 juta dosis, dan sudah didistribusikan sebanyak 73,68 juta," beber Sri Mulyani.

Mengacu data Bea dan Cukai, DI telah mengimpor vaksin Covid-19 sebanyak 143,65 juta dosis. Vaksin tersebut terdiri dari Sinovac sebanyak 3 juta dosis dalam bentuk jadi, dan Sinovac 115,5 juta dosis dalam bentuk bulk.

Vaksin lain yang diimpor dalam bentuk jadi, antara lain Sinopharm sebanyak 6,25 juta dosis, AstraZeneca sebanyak 14,9 juta dosis, dan Moderna sebanyak 4 juta dosis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Yang bulk seperti Sinovac tidak otomatis 100 persen menjadi vaksin jadi, karena ada proses kehilangan dalam membentuknya menjadi vaksin jadi,” kata Sri Mulyani.

Sebagai informasi, vaksin yang tersedia akan diupayakan untuk diakselerasi 2 juta dosis per hari mulai Agustus 2021.

Baca juga: Pemda Lelet Bayar Insentif Nakes, Sri Mulyani: Segera Cairkan

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X