Kompas.com - 05/08/2021, 18:06 WIB

KOMPAS.com - Penawaran adalah satu dari dua indikator penentu pasar bersama dengan permintaan. Ada banyak faktor yang mempengaruhi penawaran.

Secara umum, penawaran adalah jumlah keseluruhan barang atau jasa yang tersedia di pasar untuk ditawarkan pada tingkat harga dan waktu tertentu.

Sementara itu dikutip dari Investopedia, hukum penawaran adalah menunjukkan jumlah yang akan dijual pada harga tertentu. Berbeda dengan permintaan, hukum penawaran adalah menunjukan kurva dengan kemiringan ke atas.

Pengertian penawaran, semakin tinggi harga barang atau jasa, maka semakin tinggi pula barang atau jasa yang ditawarkan. Produsen atau pedagang akan memasok produk lebih banyak ketika harga cenderung mengalami kenaikan.

Baca juga: Apa Itu Profit: Pengertian, Jenis, dan Perhitungannya

Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran:

  • Harga barang
  • Jumlah produsen atau penjual
  • Jumlah dan harga barang subtitusi
  • Bencana alam
  • Biaya produksi
  • Intervensi pemerintah seperti pajak
  • Teknologi dalam produksi
  • Perkiraan harga di masa mendatang

Contoh hukum penawaran adalah komoditas beras. Saat harga beras naik, maka pedagang akan menjual lebih banyak beras untuk mengejar keuntungan yang tinggi. Pasokan beras akan terus bertambah di pasar hingga mencapai titik keseimbangan, di mana harga beras akan mulai stagnan, bahkan menurun. 

Kesimpulannya, kurva penawaran adalah kondisi yang mampu menggambarkan jumlah maksimal pada barang atau jasa yang ditawarkan.

Baca juga: Mengenal Apa Itu PDB atau Produk Domestik Bruto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.