Kompas.com - 06/09/2021, 12:28 WIB
Ilustrasi Gojek. Dok Humas GojekIlustrasi Gojek.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Gojek buka suara setelah disomasi oleh Animal Defenders Indonesia (ADI) lantaran Gofood dinilai memfasilitasi restoran yang menjual hidangan daging anjing.

VP Corporate Affairs Food & Groceries Gojek Rosel Lavina mengatakan, Gojek dalam hal ini adalah GoFood, secara tegas melarang adanya penjualan daging anjing dijual di dalam platform-nya.

Hanya saja diakui dia, ada beberapa merchant nakal yang masih menjual daging tersebut.

"Secara jelas kita melarang ada penjualan daging hewan seperti daging monyet dan daging anjing dijual. Bahkan larangan ini sudah ada dikontrak kita dengan pihak merchant, yang pasti kita melarang itu," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Senin (6/9/2021).

Baca juga: Animal Defenders Indonesia Somasi Sejumlah Aplikasi Layanan Pesan Antar Makanan

Hingga saat ini, lanjut dia, pihaknya akan melakukan investigasi lebih lanjut dan jika memang terbukti ditemukan ada merchant yang menjual daging anjing tersebut, GoFood akan mengambil langkah tegas.

"Kalau terbukti kita take down dan kita remove, karena mereka sudah melanggar aturan kesepakatan dikontrak," kata Rosel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia mengatakan, tahun lalu pihaknya sudah pernah melakukan razia terhadap merchant yang melanggar aturan. Pihaknya pun menemukan ada beberapa merchant yang terbukti menjual daging anjing.

Mirisnya lagi, para merchant tersebut menjual daging anjing dengan memodifikasi nama menu untuk masing-masing jenis daging agar tidak terdeteksi.

"Seperti untuk daging anjing mereka enggak nulis B1 tapi pakai nama menu lain seperti Scooby Doo. Itu enggak sampai 5 merchant yang terbukti menjual, tapi yang pasti langsung kita take down dan kita remove dari aplikasi," ungkap Rosel.

Baca juga: Ingin Jadi Mitra GoFood? Simak Cara Daftarnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.