Kompas.com - 20/09/2021, 20:38 WIB
Ilustras bitcoin Dok. Pixabay/MichaelwuenschIlustras bitcoin
Penulis Mutia Fauzia
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Harga bitcoin masih terus merosot pada perdagangan hari ini, Senin (20/9/2021).

Dilansir dari CNBC, harga bitcoin anjlok karena investor mulai mengurangi risiko karena pasar saham global yang tengah merosot.

Meski bitcoin kerap disebut sebagai aset safe haven (aset yang bisa mempertahankan atau meningkatkan nilainya ketika pasar bergejolak), namun dalam perkembangannya, harga bitcoin cenderung turun seiring dengan kian besarnya penurunan harga aset berisiko lain.

Harga bitcoin hari ini anjlok 10 persen menjadi di kisaran 42.634 dollar AS per keping atau sekitar Rp 605,40 juta (kurs Rp 14.200).

Harga aset kripto lain pun juga berguguran. Ethereum misalnya, harganya anjlok 12 persen menjadi di ksiaran 2.958 dollar AS per keping.

Baca juga: Harga Aset Kripto Anjlok Lagi, Bitcoin di Rp 648 Juta-an

Pasar saham global di sisi lain juga tengah berguguran lantaran kekhawatiran atas guncangan risiko yang disebabkan oleh pasar properti China.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti diberitakan sebelumnya, raksasa properti China, Evergrande tengah terlilit utang dalam dalam jumlah yang fantastis.

Penyebab harga bitcoin anjlok lainnya yakni investor juga sedang fokus pada arah kebijakan bank sentral Amerika Serikat, Federal Reserve.

Investor sedang mempertimbangkan kemungkinan The Fedd untuk mulai mengangkan kebijakan stimulus moneter dari perekonomian Negeri Paman Sam.

Bank sentral bakal memulai pertemuan bulanan mereka pada Selasa (21/9/2021) waktu setempat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.