Reksa Dana Indeks ETF BNP Paribas AM Resmi Diluncurkan, Apa Keunggulannya?

Kompas.com - 22/09/2021, 07:01 WIB
Ilustrasi berinvestasi di instrumen reksa dana Dok. ShutterstockIlustrasi berinvestasi di instrumen reksa dana
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT BNP Paribas Asset Management (BNP Paribas AM) meluncurkan Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX Growth30 ETF, pada Selasa (21/9/2021). Reksa Dana Exchange Traded Fund (ETF) ini merupakan produk ETF pertama dari PT BNP Paribas AM.

Diluncurkan secara resmi melalui acara virtual bersama BEI, produk ETF ini terdaftar dengan kode perdagangan XBIG dengan tanggal mulai perdagangan per 21 September 2021, dengan nilai nominal sebesar Rp 500 per unit penyertaan.

Berdasarkan data yang dikelola oleh OJK, dalam 5 tahun terakhir, produk ETF di Indonesia mengalami pertumbuhan yang positif, naik 114 persen ke Rp 14,8 triliun per Agustus 2021, dari sebelumnya sekitar Rp 6,4 triliun per tahun 2016.,

Presiden Direktur PT BNP Paribas AM Priyo Santoso mengatakan, peluncuran ETF ini menegaskan upaya berkelanjutan PT BNP Paribas AM untuk menawarkan solusi investasi yang inovatif bagi para investor.

Baca juga: Meski Ada PPKM, BI Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III-2021 Capai 5 Persen

“Kami mencermati pertumbuhan ETF yang semakin populer di kalangan investor Indonesia, terutama untuk investor institusi. Untuk itu, kami menghadirkan Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX Growth30 ETF, sebagai alternatif dan peluang diversifikasi bagi para investor untuk,” ujar Priyo dalam siaran pers.

Priyo menjelaskan, dengan berinvestasi di ETF ada beberapa keunggulan yang akan diperoleh seperti transaksi secara real-time. Harga juga tersedia secara real-time di bursa sehingga memungkinkan investor untuk bertransaksi intraday selama jam perdagangan bursa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Siklus ekonomi yang terus bergerak membuat investor akan selalu membutuhkan pilihan emiten dengan tren kinerja dan fundamental yang beragam. Kami yakin Indeks IDX Growth30 yang berisi 30 saham yang sudah terseleksi oleh BEI dan memiliki tren pertumbuhan laba yang baik,” kata Priyo.

PT BNP Paribas AM bekerja sama dengan PT Indo Premier Sekuritas (IPS) sebagai Dealer Partisipan. IPS merupakan salah satu perusahaan sekuritas di Indonesia yang telah berpengalaman menjadi Dealer Partisipan untuk 27 ETF sejak tahun 2007.

Baca juga: Asosiasi Travel Minta Kebijakan Karantina Jemaah Umrah Dihapus

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.