Kompas.com - 28/09/2021, 14:40 WIB
Gedung BRI dok BRIGedung BRI

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar informasi perusahaan ride hailing Grab tengah membidik bank lokal dalam mengembangkan bisnis keuangan di Indonesia. Nama PT Bank BRI Agroniaga (AGRO) disebut-sebut sebagai bank yang tengah dijajaki dalam kerjasama potensial.

Menanggapi kabar, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sebagai induk perusahaan BRI Agro ikut angkat bicara.

"Informasi tersebut merupakan spekulasi yang terjadi dipasar dan sebagai bank yang disiapkan BRI untuk menyediakan layanan digital, tentunya BRI Agro akan membuka peluang kerjasama dengan startup dan fintech dalam mengembangkan ekosistem digital," ujar Sekretaris Perusahaan BRI Aestika Oryza Gunarto kepada Kontan.co.id, Senin (27/9/2021).

Baca juga: Resmi Jadi Bank Digital, BRI Agro Ubah Nama Jadi Bank Raya

Aestika menambahkan, BRI sebagai pemegang saham mayoritas dan perusahaan induk BRI Agro saat ini tengah mempersiapkan BRI Agro menjadi digital attacker untuk menghadirkan solusi layanan digital.

Untuk mewujudkan hal tersebut, BRI Agro akan memenuhi dan patuh terhadap peraturan serta persyaratan yang ditetapkan regulator.

Kompak dengan induknya, manajemen BRI Agro belum mau buka-bukaan terkait isu tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Saat ini tidak dapat berkomentar aksi korporasi terkait ride hailing. Tapi perlu kami garis bawahi, pasar dan potensi di Indonesia sangat besar, untuk raih itu dibutuhkan kolaborasi yang kuat dengan pelaku digital yang memiliki kapabilitas dan ekosistem yang mumpuni,” ujar Direktur BRI Agro Kaspar Situmorang secara virtual, Senin (27/9/2021).

Kendati demikian, ia menyebut sebagai bank digital, BRI Agro sangat terbuka untuk melakukan kerja sama dengan fintech maupun pelaku digital lainnya.

Berdasarkan pemberitaan DealStreetAsia, Senin (27/9/2021), Grab dikabarkan sedang menjajaki kerjasama potensial dengan perbankan Indonesia, mengikuti langkah sang rival seperti Gojek dan induk e-commerce Shopee yakni Sea Ltd.

Baca juga: BRI Rights Issue, Investor Menanti Ekspansi Bisnis Holding Ultra Mikro

Kedua pesaing itu telah membeli sejumlah saham perbankan lokal. Gojek memiliki saham di PT Bank Jago Tbk (ARTO) sebesar 21,40 persen dan Sea Group resmi mencaplok PT Bank Kesejahteraan Ekonomi (BKE) dan mengubahnya menjadi bank digital pada 10 Februari 2021.

Menurut catatan DealStreetAsia, Grab saat ini telah didekati oleh dan juga berencana bekerja sama dengan sejumlah bank Tanah Air. Adapun kandidat bank paling potensial adalah PT Bank Fama Internasional dan BRI Agro.

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Soal kabar Grab incar BRI Agro, begini kata Bank BRI

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.