Kisah Dua Pekerja Konstruksi, Ditipu Tak Dapat Upah hingga Berhasil Wujudkan Mimpi

Kompas.com - 26/10/2021, 15:44 WIB
Komunitas Sedulur Gravel Komunitas Sedulur GravelKomunitas Sedulur Gravel

JAKARTA, KOMPAS.com - "Mereka biasa membangun rumah dengan spesifikasi tinggi, atau turut membangun gedung tinggi. Tetapi, membangun rumah sendiri masih menjadi mimpi...." Kalimat inilah yang cocok diperuntukkan bagi para pekerja konstruksi Indonesia.

Situasi pandemi Covid-19 yang saat ini sedang terjadi, bukan situasi yang mudah bagi siapa saja.

Hal inilah yang dirasakan Widhianto dan Mariono, dua dari sekian juta pekerja konstruksi yang harus bertahan di tengah kesusahan karena pandemi.

Namun, pandemi tak menyurutkan semangat dan optimistis mereka.

Bergabung di sebuah komunitas, Komunitas Sedulur Gravel, membantu mereka bertahan. Tak hanya kepastian soal pekerjaan, tetapi juga menumbuhkan keyakinan bisa mewujudkan impian mereka untuk membangun rumah sendiri dan menyekolahkan anak-anak hingga ke jenjang pendidikan tinggi.

Baca juga: Jutaan Pekerja di AS Berhenti Kerja, Bisakah Terjadi di Indonesia?

Widhianto (33) sudah bekerja sebagai pekerja konstruksi sejak 2013. Tumbuh besar di Ibu Kota Jakarta, pria yang punya kampung halaman di Wonogiri, Jawa Tengah, ini, mengatakan, profesi yang dijalaninya penuh tantangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia bilang, pekerja konstruksi kerap mengalami ketidakpastian, baik dalam hal mendapatkan proyek pekerjaan, kesejahteraan, maupun jaminan perlindungan.

Dia berkisah, pernah mengalami beberapa kali ditipu karena tidak mendapatkan upah dari pekerjaan yang sudah dilakukannya. Proyek sudah selesai, tetapi upah tak dibayarkan.

“Beberapa kali mengalami hal seperti ini. Pekerjaannya sudah selesai, tetapi upah enggak dibayar-bayar. Sampai akhirnya menghilang begitu saja,” kata Widhianto dalam keterangannya kepada Kompas.com, Selasa (26/10/2021).

Kondisi ini membuat bapak dari satu anak ini mengaku tak berani bermimpi apa pun untuk masa depannya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.