Kompas.com - 03/12/2021, 13:55 WIB
Teller bank adalah profesi yang membutuhkan kesabaran. Dok. Kompas.comTeller bank adalah profesi yang membutuhkan kesabaran.
Penulis Isna Rifka
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan Cambridge Dictionary, pengertian teller bank adalah orang yang pekerjaannya mengeluarkan dan mengambil uang di bank. Teller bank biasanya merupakan titik interaksi pertama bagi pelanggan saat memasuki bank.

Tugas teller bank adalah tidak hanya menangani tugas keuangan harian pelanggan mereka tetapi juga pelanggan itu sendiri. Teller bank mewakili perusahaannya dan harus menampilkan diri sebagai orang yang berpengetahuan, ramah, berpengetahuan luas, dan siap membantu.

Sudah menjadi tugas teller bank untuk sangat baik dalam layanan pelanggan, tenang di bawah tekanan, dan senang menjawab pertanyaan apa pun tentang pinjaman, rekening giro, atau promosi bank. Seorang teller bank yang baik juga cerdas, mereka memiliki keterampilan matematika yang luar biasa dan dipercaya dengan sejumlah besar uang dan informasi pribadi.

Secara umum, tugas teller bank adalah memverifikasi identitas pelanggan dan memproses permintaan setoran dan penarikan dari rekening. Kemudian teller bank menghasilkan cek bersertifikat dan wesel sesuai dengan spesifikasi pelanggan.

Baca juga: Mengenal Transfer SKN serta Bedanya dengan RTGS dan Real Time Online

Beberapa tugas teller bank adalah menjawab pertanyaan tentang produk dan layanan bank dan mengarahkan pelanggan ke staf lain untuk transaksi bank yang lebih kompleks menjadi tugas teller bank.

Teller bank adalah harus menghitung uang tunai di laci mereka saat memulai shift mereka dan merekonsiliasi sisa uang tunai di akhir shift untuk memperhitungkan secara akurat setoran dan penyebaran.

Tugas teller bank

Adapun tugas teller bank lebih rinci dikutip dari situs thebalancecareers.com sebagai berikut:

  • Hitung uang laci di awal shift.
  • Ambil uang tunai, cek, kartu debit, dan bentuk pembayaran lainnya dari pelanggan.
  • Jawab pertanyaan terkait akun untuk pelanggan.
  • Siapkan jenis dana khusus untuk pelanggan, termasuk obligasi tabungan, cek perjalanan, dan wesel.
  • Tukarkan uang pelanggan dengan mata uang asing.
  • Tempatkan pesanan pelanggan untuk cek dan kartu bank.
  • Catat secara elektronik setiap transaksi selama shift mereka.
  • Hitung laci kas mereka di akhir shift dan rekonsiliasi dengan saldo awal.

Teller bank adalah harus menangani dana nasabah secara aman dan akurat dengan memverifikasi identitas dan mengambil tindakan lain untuk mencegah kesalahan atau penipuan. Kepala teller bank tugasnya mengelola operasi teller bank.

Baca juga: Mengenal Organisasi Perdagangan Dunia atau WTO dan Tujuan Berdirinya

Teller bank adalah pekerjaan yang banyak diminati.Dok. BTN Teller bank adalah pekerjaan yang banyak diminati.

Syarat menjadi teller bank

Dikutip dari ziprecruiter.com ada beberapa syarat yang harus dipenuhi bila ingin berprofesi sebagai teller bank. Pertama, diperlukan ijazah sekolah menengah atau sertifikat yang setara.

Sebab, hal ini menunjukkan kompetensi kandidat dalam matematika. Meskipun gelar associate atau sarjana dalam matematika atau keuangan adalah bonus, itu tidak diperlukan untuk pekerjaan teller bank tingkat pemula.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.