Gunung Semeru Erupsi, Baznas Bangun Pos Kesehatan di Lumajang

Kompas.com - 05/12/2021, 16:16 WIB
Warga Desa Supit Urang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mengungsi ke Masjid Nurul Jadid akibat awan panas guguran Gunung Semeru, Minggu (5/12/2021). KOMPAS.com/ANDI HARTIKWarga Desa Supit Urang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mengungsi ke Masjid Nurul Jadid akibat awan panas guguran Gunung Semeru, Minggu (5/12/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) telah membangun pos kesehatan dan pengobatan mobile dengan menurunkan 14 personel yang terdiri dari dokter, perawat, farmasis, dan relawan untuk warga korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021).

Sebelumnya, Baznas telah terlebih dahulu mengirimkan tim tanggap bencana dari Baznas Kabupaten Lumajang, yang menjadi titik terdekat dari lokasi bencana.

"Selain memberikan pelayanan bantuan makanan dan kebutuhan lainnya, pelayanan kesehatan menjadi salah satu perhatian Baznas, dengan membangun pos kesehatan dan pengobatan mobile," ujar Pimpinan Baznas Saidah Sakwan, dalam siaran pers, Minggu (5/12/2021).

Baca juga: Kemenkop UKM dan Baznas Bantu Permodalan 500 Usaha Mikro di Bali

Saidah menjelaskan, pos kesehatan dan pengobatan mobile ini berlokasi di Balai Desa Sumber Wuluh, Candipuro, Lumajang. Pos kesehatan dilengkapi dengan obat-obatan dan peralatan kesehatan lainnya.

"Baznas telah menyiapkan alat kesehatan, obat-obatan, masker, oksigen serta kendaraan rescue, ambulans guna memberikan pelayanan bagi masyarakat terdampak erupsi," jelasnya.

Saidah menambahkan, tim akan melakukan assessment ke beberapa lokasi yang terdampak erupsi untuk melakukan pendataan mengenai kebutuhan apa yang mendesak dan dibutuhkan warga pasca erupsi.

Menurutnya, Baznas akan terus mendampingi para korban terdampak dalam proses evakuasi hingga pemulihan bencana. Hingga kini, pihaknya terus berkoordinasi dengan BNPB, BPBD setempat, dan seluruh stakeholder terkait.

Baca juga: BCA Syariah dan BAZNAS Fokus Kelola Zakat Produktif

"Kami berharap korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang dan sekitarnya diberi kekuatan untuk bisa bangkit dari musibah ini," ungkap Saidah.

Sebagai informasi, Gunung Semeru Kabupaten Lumajang mengalami erupsi pada Sabtu (4/12/2021) sore. Sebaran abu vulkanik telah berdampak di 11 desa/kelurahan di sembilan kecamatan. Hal ini juga mengakibatkan sekitar 300 KK mengungsi ke lokasi yang lebih aman.

Sebagaimana data terkini dari BNPB, terdapat 13 korban jiwa akibat erupsi Gunung Semeru. Dua orang sudah teridentifikasi, untuk 11 korban lainnya masih dalam proses identifikasi jenazah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.