Smelter Freeport Dibangun di Gresik, Bupati: Semoga Serap Pekerja Lokal, Bermanfaat bagi Masyarakat

Kompas.com - 22/12/2021, 19:30 WIB

GRESIK, KOMPAS.com - Sinergi dan multiplier effect bagi masyarakat setempat, diharapkan Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, dapat muncul seiring bakal berdirinya pabrik pemurnian dan pengolahan (smelter) tembaga milik PT Freeport Indonesia.

Adapun smelter PT Freeport Indonesia tersebut, saat ini masih dalam tahap pembangunan. Dengan area yang di tempati, termasuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang terletak di Kecamatan Manyar, Gresik.

Baca juga: Bangun Smelter Nikel Pertama di Kalimantan, Haji Isam Siapkan Rp 6,3 Triliun

"Besar harapan kami terkait investasi ini, bisa mendorong baik pemulihan ekonomi maupun penyerapan tenaga kerja, yang bisa berdampak langsung untuk masyarakat Gresik," ujar Yani, sapaan akrab Bupati, dalam agenda sosialisasi pembangunan smelter PT Freeport Indonesia yang dilaksanakan di kompleks kantor Bupati Gresik, Rabu (22/12/2021).

"Khususnya di wilayah sekitar, seperti Kecamatan Manyar, Bungah dan Sidayu," lanjut Yani. 

Baca juga: Kenapa Banyak TKA China di Proyek Smelter? Ini Jawaban Luhut

Serap tenaga kerja lokal

Kehadiran smelter PT Freeport Indonesia, juga diharapkan Yani dapat memberikan efek langsung, dengan turut berperan dalam mengurangi angka pengangguran yang terjadi di Kabupaten Gresik.

"Mudah-mudahan hadirnya smelter PT Freeport Indonesia di Kabupaten Gresik ini, membuahkan hasil yang bermanfaat, penuh keberkahan dan sekali lagi bisa berdampak secara langsung kepada masyarakat Kabupaten Gresik. Hadirnya smelter, bisa menurunkan angka pengangguran Gresik yang saat ini kondisinya masih cukup tinggi," kata Yani.

Baca juga: Soal Pembangunan Smelter PT Freeport di Gresik, Khofifah: Bisa Menyerap Tenaga Kerja Lokal...

Keterlibatan BUMD dan BUMDes

Sementara terkait sinergi, Yani juga berharap terjalinnya sinergitas dan kolaborasi yang berkesinambungan dengan berdirinya smelter tersebut.

Baik bersama Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), milik desa (BUMDes) maupun asosiasi-asosiasi yang ada di Kabupaten Gresik.

Baca juga: Harapan Pemkab Gresik Terkait Pembangunan Smelter PT Freeport Indonesia

"Keterlibatan masyarakat secara langsung ini yang kita harapkan, salah satunya terakomodirnya konten lokal dan juga adanya keberpihakan," ucap Yani.

"Bahwa hadirnya investasi yang cukup besar ini, diimbangi dengan pemanfaatan yang cukup di tengah-tengah masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Gresik. Ini momentum bagi kita untuk bergerak bersama dan tumbuh bersama, baik melalui BUMD maupun BUMDes," tambah Yani.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.