Hasil Survei BI Tunjukkan Keyakinan Konsumen Kembali Menurun, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 08/04/2022, 15:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Keyakinan konsumen pada Maret 2022 kembali mengalami penurunan yang disebabkan oleh sejumlah sentimen.

Hasil survei konsumen Bank Indonesia (BI) menunjukkan, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Maret 2022 berada di level 111,0.

Meskipun masih berada pada level optimistis, IKK tercatat kembali alami penurunan, yakni dari level 113,1 pada Februari 2022 dan 119,6 pada Januari 2022.

Baca juga: Cara Penukaran Uang Baru di BI untuk Angpau Lebaran via Online

Survei konsumen BI menyatakan, penurunan IKK pada Maret 2022 disebabkan oleh lebih terbatasnya ekspektasi terhadap kondisi ekonomi mendatang, terindikasi dari Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) sebesar 128,1, sedikit melambat dibandingkan 130,8 pada bulan sebelumnya.

"Demikian juga Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) Maret 2022 yang tercatat sebesar 93,9, sedikit termoderasi dari bulan sebelumnya sebesar 95,5," bunyi hasil survei konsumen BI, dikutip pada Jumat (8/4/2022).

Dengan adanya tren penurunan itu, rata-rata Indeks Keyakinan Konsumen pada kuartal I-2022 juga terkoreksi menjadi 114,6, dari 116,7 pada kuartal IV-2021.

Baca juga: BI Siapkan Uang Tunai Rp Rp 175,2 triliun Selama Periode Ramadhan dan Lebaran 2022

"Namun, meski sedikit menurun, tetapi rata-rata IKK kuartal I-2022 masih berada pada area optimistis,” tulis Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono.

Meskipun mengalami penurunan, BI menyatakan, keyakinan konsumen yang tetap terjaga pada Maret 2022 ditopang oleh tetap kuatnya ekspektasi terhadap kondisi ekonomi mendatang, baik ekspektasi terhadap penghasilan, ketersediaan lapangan kerja, maupun kegiatan usaha.

"Sementara itu, konsumen mempersepsikan kondisi ekonomi saat ini belum sesuai ekspektasi, terutama pada ketersediaan lapangan kerja saat ini dan pembelian barang tahan lama (durable goods)," tulis Erwin.

Baca juga: Cara Cek BI Checking Online di HP, Cuma Perlu Verifikasi via WhatsApp

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.