Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan 5 Hal Ini agar Finansial Kamu Tetap Sehat

Kompas.com - 27/06/2022, 19:00 WIB
Elsa Catriana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring dengan peningkatan mobilitas masyarakat karena kasus Covid-19 yang mulai terkendali, perekonomian Indonesia di tahun 2022 diprediksi akan membaik.

Salah satu pendongkraknya adalah karena konsumsi masyarakat yang meningkat.

Tidak dipungkiri, tak sedikit juga masyarakat menjadi lebih konsumtif.

PR & Corporate Communication Lead Bibit.id William membeberkan sedikitnya ada lima hal yang perlu menjadi perhatian masyarakat agar mereka tetap sehat secara finansial.

"Pertama, menghindari yang namanya besar pasak daripada tiang. Artinya, masyarakat diimbau untuk tidak membelanjakan uang yang lebih besar daripada yang mereka hasilkan atau miliki," ujarnya dalam siaran persnya dikutip Kompas.com, Senin (27/6/2022).

Baca juga: Jadi Tempat Kerja Favorit Milenial, Bibit.id Sabet Penghargaan Glints Best Employers Awards 2022

Lalu tips yang kedua adalah mengetahui bagaimana cara berinvestasi dengan benar.

Ketiga, memahami bahwa konsistensi merupakan kunci utama dalam mencapai tujuan keuangan. Terkait hal ini, dia menjelaskan, Bibit memiliki fitur Nabung Rutin (autodebet) yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna yang telah menggunakan Bank Jago dan GoPay sehingga mereka bisa berinvestasi secara konsisten dan bebas lupa.

Filosofi di balik fitur Nabung Rutin adalah metode Dollar Cost Averaging (DCA). DCA adalah sebuah metode sederhana di mana pengguna menginvestasikan jumlah uang yang sama setiap bulan ataupun setiap minggu.

Strategi ini akan membantu pengguna disiplin untuk membeli unit yang lebih banyak pada waktu harga turun dan lebih sedikit pada waktu harga naik.

Baca juga: Investasi Bodong Duplikasi Nama Bibit.id Ditutup SWI OJK

Keempat, apabila kita termasuk kategori investor pemula yang memiliki pengetahuan terbatas mengenai seluk-beluk investasi, berinvestasilah di instrumen investasi yang dikelola oleh para profesional.

Sebagai contoh, investasi reksa dana sangatlah sederhana dan disarankan untuk investor pemula karena dengan berinvestasi reksa dana, artinya kita mempercayakan uang kita dikelola oleh Manajer Investasi yang profesional.

Tips yang kelima adalah memastikan bahwa platform yang membantu masyarakat dalam berinvestasi haruslah platform yang sudah berizin dan diawasi oleh regulator di sektor jasa keuangan. Hal ini kata dia, membuat semua transaksi menjadi lebih aman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com