Ada Larangan Penggunaan HP di SPBU, Beli BBM Pakai Aplikasi MyPertamina Aman?

Kompas.com - 28/06/2022, 17:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Media sosial Twitter diramaikan oleh tagar #SPBU. Tagar tersebut terkait dengan larangan penggunaan telepon genggam handphone (HP) di Stasiun pengisian bahan bakar (SPBU) dan penerapan aplikasi MyPertamina.

Seperti diketahui, konsumen dapat menemukan tanda larangan menggunakan ponsel di SPBU. Namun di sisi lain, Pertamina mewajibkan masyarakat menggunakan aplikasi MyPertamina di SPBU untuk membeli Pertalite dan Solar.

Dalam akun Twitternya, podcaster Ahmad Kemal Palevi menyampaikan soal kekhawatiran penggunaan aplikasi MyPertamina di SPBU.

"Ntar kalau SPBU Pertamina pada meledak berjamaah gimana?", tulis Kemal di akun Twitternya, @kemalpalevi, Selasa (28/6/2022).

Baca juga: Tidak Punya Aplikasi MyPertamina, Masyarakat Harus Daftar via Website untuk Beli Pertalite dan Solar

Namun, ada juga warganet yang berpendapat bahwa penggunaan MyPertamina aman selama bertransaksi di SPBU.

"Boleh pakai HP di SPBU khusus untuk transaksi di App MyPertamina, asal jangan ada panggilan masuk atau melakukan panggilan keluar," kata akun @PRIHONGGO.

Sementara pemilik akun @Ainina_93 membagikan video yang menunjukkan pembayaran BBM menggunakan telepon seluler aman. Petugas SPBU di dalam video itu menjelaskan, konsumen BBM bakal aman asalkan ketika menggunakan MyPertamina jaraknya sekitar 1,5 meter dari pompa bensin.

Baca juga: Ini Cara Beli Pertalite dan Solar Pakai Aplikasi MyPertamina

Penggunaan MyPertamina dijamin aman

Terkait keamanan penggunaan aplikasi MyPertamina, Anggota Komite BPH Migas Saleh Abdurrahman menjelaskan, transaksi beli BBM Pertalite atau Solar menggunakan MyPertamina tidak akan memicu ledakan di SPBU.

"Kalau menggunakan HP untuk komunikasi berisiko. Tapi kalau untuk transaksi menurut Pertamina aman. Seperti saat ini kan sudah ada yang bertransaksi pakai MyPertamina," ujarnya.

Baca juga: Era Jokowi: Beli Migor Pakai PeduliLindungi, Beli BBM Pakai MyPertamina

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.