Perbaiki Kinerja, HK Metals Utama Fokus Cari Pemegang Saham Pengendali Baru

Kompas.com - 28/07/2022, 14:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Emiten manufaktur barang metal, baja, dan holo besi PT HK Metals Utama Tbk (HKMU) tengah fokus mencari pemegang saham pengendali (PSP) baru guna memperbaiki kinerja bisnis perusahaan.

Semula, HKMU berencana mencari PSP baru dengan menerbitkan saham baru dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD) atau right issue.

Namun demikian, rencana tersebut belum mendapatkan persetujuan para pemegang saham, dalam gelaran Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) HKMU yang dilaksanakan Rabu (27/7/2022) kemarin.

Baca juga: BEI Panggil Manajemen HK Metals Utama, Ada Apa?

Sebagai informasi, PSP HKMU sebelumnya, PT Hyamn Sukses Abadi (HSA) memutuskan untuk melepas semua saham HKMU per 31 Januari 2022, sehingga emiten manufaktur itu tidak lagi memiliki pengendali.

Adapun per Maret 2022 saham HKMU dikuasai 100 persen oleh investor publik, dengan pemegang saham individu terbanyak ialah Andriani dengan kepemilikan 10.000 saham.

Direktur Utama HKMU Muhammad Kuncoro mengatakan, hingga saat ini manajemen kesulitan berkomunikasi dengan HSA untu kembali menjadi PSP.

Ia mengungkapkan, berbagai upaya telah dilakukan dalam membangun kembali komunikasi dengan HSA, tapi tidak mendapatkan respons.

"Karena kesulitan dalam komunikasi ini, besar kemungkinan HSA tidak berencana menjadi PSP kembali. Maka kami akan fokus dengan calon pengendali baru lainnya," ujar Kuncoro, dalam keterangannya, dikutip Kamis (28/7/2022).

Akan tetapi, Kuncoro menjelaskan, perseroan belum dapat memberikan keterangan detail berkaitan dengan rencana right issue yang akan dilakukan.

"Hal ini juga sudah kami sampaikan kepada BEI bahwa rencana PMHMETD masih dalam proses persiapan dan belum dapat memberikan penjelasan lebih lanjut, saat ini kami masih fokus mendapatkan PSP baru," tutur dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.