Berkat Investasi di Allo Bank, Bukalapak Cetak Laba Rp 8,59 Triliun Semester I-2022

Kompas.com - 01/08/2022, 20:10 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Emiten teknologi, PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) mencatatkan laba bersih sebesar Rp 8,59 triliun pada semester I-2022. Ini berbanding terbalik dari realisasi semester I-2021, di mana Bukalapak mencatatkan rugi bersih sebesar Rp 767 miliar.

Laba bersih itu utamanya disebabkan oleh laba nilai investasi yang dilakukan Bukalapak ke PT Allo Bank Tbk (BBHI).

Mengacu kepada laporan keuangan perusahaan, laba nilai investasi yang belum direalisasikan Bukalapak mencapai Rp 9,79 triliun pada paruh pertama tahun ini.

Baca juga: Punya Ekosistem Besar, Ini Prospek Saham Allo Bank

Dengan hasil investasi itu, Bukalapak mencatatkan laba operasional sebesar Rp 8,6 triliun, pada periode 6 bulan pertama tahun ini. Meningkat 1.209 persen dari periode yang sama tahun lalu, yakni rugi operasional sebesar Rp 776 miliar.

"Terutama disebabkan oleh laba nilai investasi market to market dari PT Allo Bank Tbk," tulis manajemen Bukalapak, dalam keterangan resmi, Senin (1/8/2022).

Baca juga: Kasus ACT Dikaitkan dengan Bukalapak, Manajemen: Sudah Tak Kerja Sama Sejak 2019

Selain itu, Bukalapak juga mencatatkan pendapatan sebesar Rp 1,69 triliun pada paruh pertama 2022. Ini meningkat 96 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Pada saat bersamaan, beban pokok pendapatan Bukalapak juga meningkat, dari Rp 118,05 miliar pada semester I-2021, menjadi Rp 1,16 triliun pada semester pertama tahun ini.

Adapun beban umum dan administrasi Bukalapak pada paruh pertama tahun ini meningkat, dari Rp 659,1 miliar pada semester I-2021 menjadi Rp 1,32 triliun.

"Perseroan tetap memiliki fokus pada kinerja operasional perseroan. Oleh karena itu, manajemen perseroan tetap menggunakan adjusted EBITDA sebagai indikator kinerja perseroan," tulis Bukalapak.

Baca juga: Digugat Rp 1,1 Triliun oleh Harmas Jalesveva, Bukalapak: Kami Siap Hadapi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.