Ultah ke-75, Luhut: Baru di Masa Presiden Jokowi Saya Mampu Mengabdi secara Konkret...

Kompas.com - 28/09/2022, 19:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan merayakan ulang tahun ke-75 hari ini, Kamis (28/9/2022).

Luhut menceritakan, setiap kali melewati pertambahan usia, ia selalu teringat ibu dan ayahnya yang telah membesarkan dan mendidik Luhut serta adik-adik dengan prinsip dan karakter.

"Sebagai anak tertua dalam keluarga, wajar rasanya jika saya punya sikap yang cukup tegas terhadap pendirian dan disiplin karena harus menjaga adik-adik saya yang semuanya adalah perempuan," tulis dia dalam akun Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan, dikutip Kamis (28/9/2022).

Luhut menyebutkan, sikap tegas dan disiplin itu terus terbawa sampai dirinya menjadi suami, ayah, bahkan kakek seperti sekarang.

Baca juga: Program Kompor Listrik Batal, Luhut: Kita Tidak Ingin Buru-buru

Adapun, nasihat yang sering Luhut sampaikan kepada keluarganya yaitu, wujud rasa syukur terbaik adalah mengabdi kepada mereka yang menyayangi dan mendidikmu dengan sepenuh hati.

"Kalian dibesarkan, disekolahkan semata-mata bukan untuk saat ini saja, tetapi untuk di masa depan. Ketika kalian sudah tak ada lagi di dunia ini, apa yang akan kalian tinggalkan sebagai warisan? Maka dari itu, jadilah manfaat dan berkat yang banyak bagi seluruh manusia," sebutnya.

Nasihat itu pula yang diakui Luhut menjadi semangat untuk memberikan pengabdian terbaik bagi negeri ini.

"Kalau boleh jujur, selama karir saya di militer sampai beberapa kali menjadi pejabat publik meskipun tidak dalam waktu yang lama, baru di masa pemerintahan Presiden Jokowi saya mampu mengabdi kepada republik ini secara konkret," ucap dia.

Hal ini lantaran Luhut merasa diberikan kepercayaan dan kesempatan yang besar untuk menyalurkan talenta dan kemampuan terbaik selama 8 tahun oleh Presiden Joko Widodo.

Untuk itu, Luhut merasa bersyukur karena semesta dan Tuhan YME memberikan Presiden Joko Widodo untuk Republik Indonesia.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.