Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong Pengembangan Bank Perkreditan Rakyat, OJK Luncurkan Aplikasi iBPR-S

Kompas.com - 05/12/2022, 17:10 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan Aplikasi Otomasi Informasi Bank Perkreditan Rakyat (BPR/BPRS) atau disingkat iBPR-S.

Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar mengatakan, peluncuran iBPR-S dilakukan untuk mendorong akses keuangan masyarakat terhadap produk dan layanan BPR/BPRS khususnya segmen ekonomi mikro dan kecil.

“Aplikasi iBPR-S ini juga merupakan bentuk dukungan OJK untuk mendorong pengembangan BPR/BPRS yang sekaligus merupakan implementasi dari master plan sektor jasa keuangan, khususnya pilar akselerasi transformasi digital dalam mendorong inovasi dan akselerasi transformasi digital sektor jasa keuangan,” kata dia dalam konferensi pers secara virtual, Senin (5/12/2022).

Baca juga: Aset Kripto Bakal Diawasi OJK dan BI, Indodax: Kami Berharap Cepat Diputuskan

Mahendra menyampaikan, BPR/BPRS memiliki karakteristik khusus yang membuatnya sangat dibutuhkan masyarakat hingga saat ini.

Karakteristik khusus tersebut antara lain sebaran lokasi BPR/BPRS yang sebagian besar berada di wilayah Kabupaten atau Kecamatan dan pemberian layanan yang mengedepankan pendekatan personal atau kekeluargaan.

Selain itu BPR/BPRS juga memberikan proses pelayanan yang cepat dan sederhana, serta karakter produk dan layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di daerah atau wilayahnya.

Mahendra menjelaskan, iBPR-S ini dirancang agar masyarakat semakin bisa memanfaatkan fasilitas yang diberikan BPR/BPRS.

"Misalnya untuk menemukan titik lokasi jaringan kantor BPR/BPRS yang berada di sekitar tempat tinggal," jelas dia.

Baca juga: OJK: Minat Investor Asing terhadap Perbankan RI Masih Tinggi

Selain itu, masyarakat dapat memperoleh informasi mengenai produk dan layanan yang ditawarkan oleh setiap BPR/BPRS.

Melalui aplikasi ini, masyarakat juga bisa memperoleh informasi mengenai tingkat suku bunga penjaminan LPS yang terkini sebagai landasan pertimbangan masyarakat dalam memilih produk simpanan pada BPR/BPRS.

Tak hanya itu, masyarakat juga mendapatkan akses terhadap laman resmi BPR/BPRS untuk memperoleh informasi rinci terkait produk dan layanan BPR/BPRS.

"Terakhir, melalui iBPR-S, masyarakat bisa membandingkan manfaat dan biaya atas produk dan layanan yang ditawarkan BPR/BPRS," imbuh dia.

Lebih lanjut, Mahendra mendorong agar asosiasi BPR/BPRS, Perbarindo, Perbamida, dan Asbisindo dapat mendorong peningkatan penggunaan iBPR-S.

Selain itu, OJK mendorong agar pemilik dan pengurus BPR/BPRS dapat merespons tantangan yang muncul secara positif dengan terus meningkatkan kapasitas entitas masing-masing.

"Sehingga dapat menjadi mitra strategis pemerintah daerah khususnya dalam pengembangan UMKM," tandas dia.

Baca juga: OJK Cabut Izin Usaha PT Bank Perkreditan Rakyat Pasar Umum

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com