Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KAI Libatkan BPKP untuk Audit Anggaran Pembangunan LRT Jabodebek

Kompas.com - 04/02/2023, 15:00 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Vice President Public Relations PT KAI (Persero) Joni Martinus mengatakan, pihaknya berkolaborasi dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) sebagai upaya transparansi dalam hal pembangunan LRT Jabodebek.

"KAI menggandeng BPKP sehingga semua pengeluaran tentang LRT Jabodebek di-review dan KAI mengeluarkan pembiayaan sesuai rekomendasi dari BPKP," ujarnya melalui keterangan tertulis, Sabtu (4/2/2023).

"Dengan sudah ditinjau oleh auditor negara, maka pembayaran yang dilakukan KAI kepada kontraktor sudah mempunyai akuntabilitas sesuai governance," sambung dia.

Baca juga: LRT Jabodebek Akan Beroperasi Pertengahan Tahun Ini

Saat ini, progres konstruksi proyek Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek telah mencapai 89,11 persen dan ditargetkan akan beroperasional pada Juli tahun ini.

LRT Jabodebek akan dioperasikan menggunakan sistem Communication-Based Train Control (CBTC) dengan Grade of Automation (GoA) level 3. Sistem CBTC adalah sistem pengoperasian kereta berbasis komunikasi.

Sistem dapat mengoperasikan kereta dan memproyeksikan jadwal secara otomatis dari pusat kendali operasi serta tanpa masinis. Dalam satu hari, rata-rata LRT Jabodebek akan beroperasi sebanyak 434 perjalanan dengan kapasitas 1.308 di tiap rangkaiannya.

Nantinya, LRT Jabodebek akan beroperasi mulai pukul 05.00-23.27 WIB, dengan headway 4 menit untuk Stasiun Dukuh Atas ke Cawang serta 8 menit dari Cawang ke Harjamukti dan Cawang ke Jati Mulya.

Baca juga: LRT Jakarta Buka Lowongan Kerja, Berikut Syarat dan Posisinya


"KAI mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang terlibat atas terjalinnya kerja sama yang baik selama ini. Sehingga diharapkan LRT Jabodebek dapat melayani pelanggan pada waktu yang telah ditentukan," pungkas Joni.

Sebelumnya, Manager Public Relation LRT Jabodebek Kuswardojo mengatakan, kehadiran LRT Jabodebek dapat memangkas waktu perjalanan penumpang menuju Jakarta.

Kuswardojo mengatakan, dengan menggunakan LRT Jabodebek, perjalanan dari Stasiun Harjamukti Cibubur menuju Stasiun Dukuh Atas Jakarta membutuhkan waktu 37 menit. Sementara itu, perjalanan dari Dukuh Atas menuju Stasiun Jatimulya Bekasi membutuhkan waktu 40 menit.

Baca juga: Rencana LRT Berikutnya, Bakal Lewati Palmerah, Grogol, hingga Bogor

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com