Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Panjang, Cek Perubahan Jadwal Keberangkatan Kereta

Kompas.com - 31/05/2023, 12:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat jumlah penumpang kereta jarak jauh (KAJJ) dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen meningkat hingga dua kali lipat menjelang libur panjang pada 1 Juni 2023.

Kahumas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, jumlah tiket yang sudah dipesan untuk keberangkatan Rabu (31/5/2023) dan Kamis (1/6/2023) mencapai sekitar 28.500 per hari.

"Jumlah tersebut meningkat hingga dua kali lipat jika dibandingkan dengan hari yang sama dengan rata-rata per hari sekitar 14.000 penumpang untuk hari Rabu dan Kamis pada waktu normal," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (31/5/2023).

Baca juga: Beroperasi Tiap Hari Mulai 3 Juni, Ini Jadwal Kereta Panoramic Terbaru

Perhatikan jadwal keberangkatan

Eva mengingatkan agar penumpang yang akan melakukan perjalanan pada 1 Juni dan seterusnya untuk memperhatikan jadwal keberangkatan.

Pasalnya, mulai 1 Juni 2023 KAI sudah menerapkan Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) 2023. Perubahan Gapeka membuat perubahan operasional pada kereta api, seperti waktu tempuh yang semakin singkat.

Selain itu, ada penambahan jumlah perjalanan KA dan layanan naik penumpang untuk sejumlah KA yang sudah bisa dilakukan melalui Stasiun Jatinegara, sebagai stasiun alternatif keberangkatan untuk warga Jakarta selain Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen.

Baca juga: KCI Kaji Penurunan Tarif Kereta Bandara Soekarno Hatta


Perubahan-perubahan tersebut dinilai akan mempengaruhi jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta api sehingga banyak yang mengalami perubahan.

Misalnya KA Gumarang relasi Pasarsenen-Surabaya Pasarturi yang semula berangkat dari Stasiun Pasarsenen pukul 15.50 WIB, mulai 1 Juni nanti akan berangkat pukul 20.45 WIB.

Selain itu, Gapeka 2023 mempercepat waktu tempuh perjalanan KAJJ sebesar total 2.512 menit per hari di Daop 1 Jakarta. Rinciannya, efisiensi 880 menit pada KA Argo, 585 menit pada KA Eksekutif, 648 pada KA Eksekutif Campuran, dan 399 menit pada KA Ekonomi.

Baca juga: Simak Jadwal Kereta Bandara Soekarno-Hatta yang Berlaku Mulai 1 Juni 2023

"Untuk itu KAI Daop 1 Jakarta menghimbau kepada seluruh Pelanggan KA yang sudah membeli tiket untuk keberangkatan pada tanggal 1 Juni dan setelahnya agar memeriksa kembali jadwal keberangkatannya sehingga tidak tertinggal ataupun salah naik KA," imbau Eva.

Seluruh calon pengguna KAJJ juga dihimbau agar mengatur waktu keberangkatannya menuju stasiun sehingga diharapkan sudah tiba 1 jam sebelum jadwal keberangkatan KA untuk menghindari sejumlah resiko salah satu nya terlambat boarding atau tertinggal KA.

Baca juga: Kereta Ekonomi Bersolek, Harga Tiket Berpotensi Naik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com