Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Upaya Bentoel Group Kurangi Emisi Karbon

Kompas.com - 03/07/2023, 17:26 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Bentoel Group dalam operasional perusahaan terus meningkatkan penggunaan sumber energi bersih dan mengurangi emisi karbon. Upaya ini dilakukan sebagai bentuk bentuk tanggung jawab sosial dan kontribusi Perusahaan dalam mengatasi masalah perubahan iklim global.

Untuk itu, Bentoel Group meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap tahap kedua dengan kapasitas 0,8MW inverter di pabriknya di Karanglo, Malang, pada 19 Juni 2023 lalu.

Sebelumnya, Bentoel Group juga telah mengoperasikan PLTS Atap sebesar 0,7MW inverter pada 2021. Dengan demikian, saat ini kapasitas total PLTS Atap tahap satu dan dua yang telah beroperasi adalah sebesar 1,5 MW.

“Pengoperasian PLTS Atap tahap kedua ini merupakan upaya kami dalam mendukung program pemerintah dalam menerapkan energi terbarukan untuk mendukung lingkungan dan komitmen kami terhadap keberlanjutan," ujar Latifu Shabur, Head of Operations Regulatory & External Affairs Bentoel Group melalui keterangan pers, Senin (3/7/2023).

Baca juga: Perusahaan Pemasang PLTS Atap Sebut Ketidakpastian Aturan Bikin Permintaan Merosot

Dia menambahkan, pembangunan PLTS atap juga merupakan investasi strategis jangka panjang kami yang akan membantu Perusahaan mencapai target carbon neutrality untuk scope 1 dan 2 pada tahun 2030.

Selain itu, Perusahaan juga berharap dapat menginspirasi dan mendorong perusahaan lain serta komunitas di sekitar kami untuk beralih ke energi terbarukan.

"Dengan kerja sama yang baik dengan PLN dan Kementerian ESDM, Perusahaan dapat mempercepat peralihan ke energi bersih dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup kita bersama," lanjut Latifur.

Baca juga: Kementerian ESDM: Aturan PLTS Atap Diharapkan Jadi Peluang Bisnis bagi Industri

 

Sebagai tambahan informasi, pada 2022, Bentoel Group menerima penghargaan IDX Awards atas inisiatif pengurangan emisi, konservasi energi, serta penggunaan energi terbarukan.

Bentoel Group juga berkomitmen untuk terus mengejar inovasi dan solusi berkelanjutan dalam operasi bisnis Perusahaan, sejalan dengan komitmen Bentoel Group untuk menjaga bumi yang lebih baik bagi generasi mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com