Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Permintaan Tinggi, Kuota Sukuk Ritel SR020 Ditambah Jadi Rp 17,5 Triliun

Kompas.com - 24/03/2024, 22:30 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menambah kuota penjualan SR020 menjadi Rp 17,5 triliun karena permintaan yang cukup tinggi. Sebelumnya, pemerintah menargetkan penjualan sukuk ritel ini sebesar Rp 15 triliun.

Direktur Pembiayaan Syariah DJPPR Kementerian Keuangan, Dwi Irianti Hadiningdyah membenarkan terkait penambahan kuota penjualan SR020. Hal ini menyusul penjualan SR020 telah melewati target awal Rp 15 triliun.

Dengan demikian, pemerintah meningkatkan kuota menjadi Rp 17,5 triliun. Kuota SR020-T3 (tenor 3 tahun) ditingkatkan menjadi Rp 13,5 triliun dari Rp 10 triliun. Sementara kuota SR020-T5 justru dipangkas menjadi Rp 4 triliun dari target awal Rp 5 triliun.

Baca juga: Cara Buat Akun Pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2024

Dwi menuturkan, pihaknya terus memantau perkembangan permintaan investor. Sehingga, ia memastikan bahwa penutupan penawaran SR020 akan tetap pada Rabu (27/3).

"Investor ritel tidak perlu kuatir karena pemerintah masih membuka kesempatan bagi investor yang ingin membeli SR020. Periode pemesanan akan dibuka sampai dengan batas waktu yang telah diumumkan, yaitu 27 Maret 2024 pukul 10.00 WIB," ujarnya kepada Kontan.co.id, Sabtu (23/3/2024).

Apalagi, dirinya melihat minat investor terhadap sukuk ritel ini masih tinggi. Menurutnya, hal ini dipengaruhi sifat SR020 yang memiliki risiko relatif sangat kecil.

Baca juga: Antisipasi Lonjakan Pemudik, Kemenhub Siapkan 4 Pelabuhan untuk Penyeberangan Jawa-Sumatera

Selain itu juga karena karakteristik SBN ritel ini yang menguntungkan bagi investor ritel. Pertama, aman lantaran pembayaran pokok dan imbalan dijamin Undang-Undang.

Kedua, sesuai dengan prinsip syariah. Ketiga, mudah dan terjangkau karena minimum pembelian adalah Rp 1 juta dan dapat dipesan dengan platform online (e-SBN).

Keempat, menguntungkan, karena SR020 memberikan kupon secara reguler sehingga investor dapat menggunakan imbalan per bulan untuk memenuhi kebutuhan keuangannya secara terencana.

Baca juga: Pemerintah Tetapkan 14 PSN Baru, Ada BSD dan PIK 2

Kelima, ikut serta dalam membangun negeri. "Selain itu, SR020 merupakan instrumen yang dapat diperdagangkan di pasar sekunder (tradable) sehingga risiko likuditas juga dapat diminimalisir," kata Dwi.

Berdasarkan data salah satu mitra distribusi, Bibit, penjualan SR020 telah mencapai Rp 15,59 triliun per Minggu (24/3) pada pukul 15.51 WIB. Rinciannya, SR020-T3 (tenor 3 tahun) sebesar Rp 12,28 triliun dan SR020-T5 (tenor 5 tahun) sebesar Rp 3,30 triliun.

Senior Economist KB Valbury Sekuritas Fikri C. Permana juga melihat positif penjualan SR020. Menurutnya kupon yang ditawarkan tinggi menjadi daya tarik SBN ritel ini. Adapun SR020-T3 menawarkan kupon 6,3 persen dan SR020-T5 sebesar 6,4 persen.

"Selain itu juga ekspektasi pasar akan penurunan yield dan pajak yang rendah sehingga bisa mendapatkan riil yield yang lebih tinggi," imbuhnya.

Fikri memproyeksikan target baru pemerintah pun masih mampu tercapai. (Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Khomarul Hidayat) 

Baca juga: Viral Barang Bawaan ke Luar Negeri Wajib Lapor, Ini Klarifikasi Bea Cukai

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Pemerintah Tambah Kuota Sukuk Ritel SR020 Menjadi Rp 17,5 Triliun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com