Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Kode C, CA, CB, CC, P, Q, S pada Tiket Kereta Ekonomi

Kompas.com - 27/03/2024, 16:59 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Bagi Anda pengguna setia moda transportasi kereta api, mungkin sudah tak asing lagi dengan kode berupa CA, CB, CC, C, P, Q dan S pada saat pemesanan tiket kelas ekonomi.

Bisa dibilang, banyak dari pengguna kereta api yang masih bingung dengan kode-kode pada tiket tersebut. Apa sebenarnya makna di balik kode-kode tersebut?

Dalam kereta api kelas ekonomi, kode-kode huruf tersebut berfungsi sebagai pembeda subkelas (subclass) yang membuat tarif yang dibayar antar-penumpang berbeda meski masih di kelas yang sama, yakni ekonomi.

"Kode CA, CB, CC, C, P, Q dan S merupakan sub kelas ekonomi, dengan fasilitas, pelayanan dan jenis kursi yang sama," tulis akun @KAI121 di media sosial X dikutip pada Rabu (27/3/2024).

Baca juga: Berapa Jumlah BUMN di China dan Mengapa Mereka Begitu Perkasa?

Menurut KAI, apabila penumpang memesan tiket kereta api, harga yang ditawarkan setiap subkelas bisa berbeda-beda di waktu tertentu, meski fasilitas yang diterima sama.

"Beberapa subclass menunjukkan opsi tarif yang berbeda di hari-hari tertentu. Hal tersebut untuk memberikan kesempatan kepada pelanggan memilih tarif yang diinginkan saat melakukan pemesanan," tulis @KAI121.

Kode CA adalah subkelas dengan harga tiket paling mahal atau batas atas, tiket subkelas S menjadi tiket paling murah atau batas bawah, dan kode Z biasanya dipakai untuk tiket promo.

Kode tiket kereta api kelas ekonomi.Tangkapan layar KAI Access Kode tiket kereta api kelas ekonomi.

Lalu apa yang berbeda meski fasilitasnya sama?

Pembagian subkelas pada tiket kereta api kelas ekonomi memberikan opsi bagi penumpang untuk memilih kursi dan variasi harga.

Baca juga: Siapa Pemilik Kapal yang Tabrak Jembatan Baltimore AS hingga Runtuh?

Dengan skema ini, bagi penumpang yang memesan lebih awal atau jauh-jauh hari akan diuntungkan karena pilihannya lebih banyak dan berpeluang mendapatkan harga tiket yang lebih murah.

Sebaliknya bagi calon penumpang yang memesan mendekati waktu keberangkatan, opsi variasi harga tiket yang tersedia lebih sedikit. Ini karena tiket harga termurah biasanya sudah habis dipesan lebih dulu.

Letak gerbong juga berpengaruh pada subkelas. Misalnya untuk gerbong yang dekat dengan restorasi harga tiketnya lebih mahal dibandingkan dengan gerbong bagian paling belakang.

Lalu perbedaan lainnya bisa dilihat pada letak kursi. Kursi penumpang yang dekat dengan pintu keluar masuk gerbong juga biasanya lebih murah dibanding kursi tengah, karena kursi dekat pintu berdekatan akses lalu lalang penumpang.

Baca juga: Khrushchyovka, Cara Uni Soviet Sediakan Rumah Murah bagi Warganya

Kompas.com sendiri sempat mencoba memesan tiket kereta melalui aplikasi KAI Access. Misalnya untuk pemesanan tiket KA Brantas dari Stasiun Sragen menuju ke Stasiun Brebes untuk keberangkatan 28 Maret 2024, terdapat opsi subkelas CA dan CB.

Tiket ekonomi KA Brantas kode CA dibanderol seharga Rp 210.000. Sementara tiket dengan kode CB dipatok Rp 225.000.

Kode tiket kereta api kelas ekonomi.Tangkapan layar KAI Access Kode tiket kereta api kelas ekonomi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com