Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KCIC: Genangan Air di Whoosh karena Tampias Air Hujan

Kompas.com - 12/04/2024, 20:43 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) buka suara terkait viralnya video di media sosial X yang menunjukkan adanya genangan air di dalam gerbong kereta Whoosh. Kondisi itu menimbulkan dugaan kereta bocor.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa membantah bahwa terjadi kebocoran pada gerbong kereta, melainkan tampias alias air hujan yang masuk saat pintu kereta terbuka di tengah proses pengangkutan penumpang.

"Tidak betul, tidak ada kebocoran di Kereta Cepat Whoosh," ujarnya saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (12/4/2024).

Baca juga: KCIC: Penumpang Kereta Cepat Whoosh Naik 30 Persen Selama Lebaran

Ia menjelaskan, insiden genangan air terjadi pada kereta dengan nomor perjalanan KA G 1234 relasi Tegalluar-Halim keberangkatan pukul 14.00 WIB, Jumat (12/4/2024). Genangan ada pada gerbong 1 dan 6.

Saat itu terjadi hujan deras disertai angin di Stasiun Tegalluar, bersamaan dengan kondisi cuaca tersebut sedang berlangsung proses keberangkatan yang membuat seluruh pintu kereta harus terbuka.

Eva mengatakan alhasil air hujan yang terbawa angin kencang mengarah ke dalam kereta melalui pintu kereta yang sedang terbuka, dan menimbulkan adanya genangan air di dalam gerbong kereta.

Baca juga: Okupansi Whoosh Capai 95 Persen di Hari Kedua Lebaran

"Air yang masuk ke dalam kereta disebabkan karena tampias air hujan yang disertai angin kencang. kondisi yang terdampak tampias air hujan terjadi pada (gerbong) kereta 1 dan kereta 6," kata Eva.

Menurutnya, pada saat kejadian, petugas langsung melakukan pengeringan di seluruh area yang terkena tampias air hujan. Dalam kurun waktu 5 menit, kondisi gerbong kereta 1 dan 6 yang terdampak tampias air hujan sudah kembali kering seperti semula.

KCIC telah memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan penumpang Whoosh yang langsung disampaikan oleh kondektur kereta yang bertugas saat itu kepada seluruh penumpang selama perjalanan.

Baca juga: Mulai April 2024, Whoosh Punya Kereta Makan

Eva menyebut, Kereta Cepat Whoosh telah didesain dan diproduksi sebaik mungkin untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh penumpang.

"KCIC berkomitmen untuk terus menyediakan layanan yang prima dan optimal kepada penumpang," kata dia.

Baca juga: Akses Stasiun Whoosh Halim Semakin Mudah, Bisa lewat Tol Cikampek

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com