Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Prediksi Beban Puncak Saat Lebaran 2023 Turun Jadi 29 GW

Kompas.com - 05/04/2023, 20:00 WIB
Yohana Artha Uly,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) memperkirakan beban puncak kelistrikan pada periode mudik Lebaran 2023 akan turun menjadi 29 gigawatt (GW) dari biasanya 44 GW.

Di sisi lain, daya mampu pasok PLN sebesar 46,2 GW. Dengan demikian, PLN memastikan mampu memenuhi kebutuhan pasokan tenaga listrik selama periode Lebaran 2023.

"Artinya dalam hadapi Lebaran kali ini, pasokan tenaga listrik jauh dari beban puncak sehngga kondisi aman," ujar Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo saat Apel Siaga Kelistrikan Idul Fitri 1444 H di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Rabu (5/4/2023).

Baca juga: Dirut PLN: Tidak Boleh Ada Listrik yang Mati Saat Lebaran

Sementara itu, terkait pasokan energi primer, ia juga menjamin dalam kondisi aman dengan ketersediaan pasokan energi rata-rata di atas 20 hari operasional (HOP).

"Kita buat sistem pasokan energi primer yang lebih kokoh. Tahun ini, kita sudah cek, setiap pembangkit kita HOP stok batubara di atas 20 hari operasi. Artinya, kondisi pembangkit kita sangat aman," kata dia.

Darmawan menambahkan, untuk menjaga keamanan pasokan listrik, PLN menyiagakan 82.690 personel di lapangan. Terdiri dari 20.130 personel PLN dan 61.560 tenaga alih daya yang mencakup tim pelayanan teknik dan tim pekerjaan dalam keadaan bertegangan (PDKB).

Baca juga: Tips Aman Gunakan Listrik Selama Ramadhan dari PLN

Selain itu, menyiapkan pula alat pendukung mulai dari 1.478 genset, 559 uninterruptible power supply (UPS), 925 unit gardu bergerak (UGB), 16 unit trafo mobile, 259 crane, 3.260 mobil dan 3.395 motor.

PLN juga menyiapkan sekitar 2.300 posko siaga kelistrikan yang tersebar di seluruh Indonesia. Darmawan pun menginstruksikan agar seluruh posko ditempatkan di titik-titik krusial.

"Saya minta posko-posko siaga bisa dibangun di seluruh tempat-tempat publik. Kita hadir di mana masyarakat butuh keberadaan PLN," tutup dia.

Baca juga: Tarif Listrik PLN April-Juni 2023 Tidak Naik, untuk Jaga Daya Beli Masyarakat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com