Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapat Anggaran Belanja 2024 Sebesar Rp 146,98 Triliun, Kementerian PUPR Gunakan untuk Ini

Kompas.com - 16/08/2023, 22:16 WIB
Ade Miranti Karunia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, alokasi anggaran belanja 2024 yang diterima kementeriannya mencapai Rp 146,98 triliun.

Namun jumlah tersebut belum termasuk Instruksi Presiden (Inpres) untuk jalan daerah yang direncanakan akan dialokasikan sebanyak Rp 15 triliun serta untuk pembangunan daerah otonomi baru di empat provinsi di Papua sebesar Rp 11 triliun.

"Kemudian untuk 2024, kami diamanahi membelanjakan anggaran sebanyak Rp 146,98 triliun," katanya dalam Konferensi Pers Nota Keuangan dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2024, di Jakarta, Rabu (16/8/2023).

Baca juga: Musim Kemarau, Menteri PUPR Minta Rumput di Kawasan Pelaksanaan KTT ASEAN Terus Disiram

Jumlah tersebut nantinya akan dibelanjakan antara lain untuk penyelesaian 15 bendungan.

"Dari Rp 146,98 triliun nanti akan menyelesaikan sisa 15 bendungan termasuk yang baru 8. Yang baru itu adalah Pelosika ini adalah loan, Bendungan Cibeet di Citarum hilir, Cijurai ini untuk pengendalian banjir Citarum," paparnya.

Selain itu, juga akan dimanfaatkan untuk penyelesaian infrastruktur jalan tol.

"Kemudian mendukung pembangunan jalan tol sepanjang 19,36 kilometer di antaranya adalah Serang-Panimbang di Banten dan juga Beyung Lencir-Tempino di Tol Sumatera antara Palembang dan Jambi," lanjut Basuki.

Selanjutnya, Kementerian PUPR akan melakukan peningkatan sistem penyediaan air minum (SPAM) untuk kapasitas 2.985 liter per detik.

"Untuk KSPN masih kita teruskan, yang di luar 5 destinasi prioritas di antaranya adalah Bromo-Tengger-Semeru, dan Dieng, dan juga penyelesaian di IKN," kata Basuki.

Baca juga: Surati Erick Thohir, Menteri PUPR Minta BUMN Karya Tidak Gunakan APBN untuk Bayar Utang

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan, Pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp 422,7 triliun untuk membangun infrastruktur di Indonesia pada 2024.

Alokasi anggaran tersebut diketahui lebih besar dari anggaran infrastruktur tahun 2023, yakni sebesar Rp 392 triliun.

"Untuk mendorong produktivitas, mobilitas, dan konektivitas, serta pemerataan yang berkeadilan, anggaran infrastruktur dialokasikan sebesar Rp 422,7 triliun," kata Jokowi dalam Pengantar RAPBN 2024 dan Nota Keuangan di Kompleks Parlemen, Rabu (16/8/2023).

Baca juga: Jokowi Siapkan Rp 422,7 Triliun untuk Pembangunan Infrastruktur pada 2024

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com