Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penting, Program dan Kerja Sama Penguatan UMKM agar Jadi Pemain Global

Kompas.com - 04/09/2023, 20:08 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia dan negara-negara lainnya di kawasan Asia Tenggara sangat kaya akan produk lokal yang bersumber dari kekayaan budaya. Ini termasuk produk berbasis kuliner, fesyen, dan kerajinan.

Produk-produk lokal tersebut diproduksi oleh usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Oleh karena itu, penting untuk dilakukan penguatan kerja sama agar UMKM untuk bisa menjadi pemain global.

Salah satu perusahaan yang memiliki program untuk mendukung dan memajukan UMKM Indonesia adalah PT HM Sampoerna Tbk (HMSP). Ini dilakukan melalui program pemberdayaan UMKM Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) dan Sampoerna Retail Community (SRC) di bawah payung Program Keberlanjutan “Sampoerna Untuk Indonesia."

Baca juga: Sebut Ancam UMKM, Anggota DPR: TikTok Sangat Berbahaya...

Ilustrasi UMKMShutterstock Ilustrasi UMKM

Bersama Kadin Indonesia dan Japanese Trade Organization (Jetro) pada program WikiExport Jepang (WikiExport.JP), SETC turut berpartisipasi dalam kegiatan business matching yang dilaksanakan pada 8 sampai 11 Agustus lalu.

Inisiatif ini dikembangkan Kadin Indonesia sebagai upaya pembinaan dan peningkatan kapasitas UMKM Indonesia untuk membuka akses pasar global.

“Sampoerna berkomitmen untuk terus menciptakan nilai bagi perekonomian Indonesia, salah satunya dengan memfasilitasi peningkatan daya saing UMKM melalui transformasi digital dan memperluas akses pasar mereka agar dapat bersaing, serta menjadi bagian dari rantai pasok global," kata Kepala Urusan Eksternal Sampoerna Ishak Danuningrat dalam keterangan resmi, Senin (4/9/2023).

Menurut dia, menjadi sebuah kebanggaan bagi perseroan bahwa UMKM binaan SETC dapat menjadi bagian dari kelompok pertama yang mengikuti program Wikiexport ke Jepang.

Baca juga: Sebelum Gandeng Artis untuk Live Shopping, UMKM Perlu Perhatikan Ini

Sejak dimulai pada 2007, program SETC telah memberikan pelatihan kewirausahaan kepada lebih dari 67.000 peserta di Indonesia, baik secara daring maupun luring.

SETC merupakan pusat pelatihan kewirausahaan terpadu yang memberikan pelatihan, pendampingan hingga jejaring agar pelaku UMKM bisa tumbuh berkembang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com