Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Digarap Hutama Karya, Penyelesaian Tol Kapal Betung dan Bocimi Dimulai Tahun Depan

Kompas.com - 19/09/2023, 21:30 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyelesaian konstruksi proyek jalan tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung) dan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) dapat dimulai 2024.

Hal ini diungkapkan Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Budi Harto setelah RDP dengan Komisi VI DPR RI di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (19/9/2023).

Budi menjelaskan, kedua proyek ini milik PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan Hutama Karya hanya bertugas membantu penyelesaian kedua proyek tersebut.

Sebab, saat ini Waskita Karya sedang melakukan restrukturisasi keuangan dan belum selesai sehingga Penyertaan Modal Negara (PMN) 2024 diberikan kepada Hutama Karya.

Baca juga: Ini Strategi Hutama Karya untuk Lunasi Sisa Utang Rp 30,71 Triliun

Adapun Hutama Karya (HK) mendapatkan PMN sebesar Rp 18,6 triliun yang digunakan untuk pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Tahap 1 dan penyelesaian Proyek Strategis Nasional (PSN) Jalan Tol Kapal Betung, dan Tol Bocimi.

"(PMN) itu kebetulan akan cair tahun 2024. Jadi Triwulan I tahun 2024 lah kira-kira," ujar Budi di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (19/9/2023).

Sebagai informasi, Tol Kapal Betung merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN) yang ditargetkan selesai tahun depan.

Tol Kapal Betung ini terdiri dari tiga seksi, sejauh ini yang telah beroperasi ialah Seksi 1 Kayu Agung-Jakabaring sepanjang 33,5 kilometer, dan Seksi 2A Jakabaring-Kramasan 9 kilometer.

Sementara untuk seksi lainnya, progres konstruksi Seksi 2B Kramasan-Musilindas sepanjang 24,90 kilometer sudah mencapai 73,81 persen, dan Seksi 3 Musilindas-Betung 44,29 kilometer telah mencapai 43,09 persen.

Baca juga: Waskita Karya Bakal Disuntik PMN Rp 12,5 Triliun Lewat Hutama Karya

Sementara untuk proyek Tol Bocimi, total panjangnya mencapai 54 kilometer dan terbagi menjadi empat seksi. Namun, yang telah beroperasi baru Seksi 1 Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 kilometer.

Kemudian, Seksi 2 Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 kilometer sudah hampir selesai dan bahkan telah dioperasikan secara fungsional pada Lebaran 2023 lalu.

Lalu, untuk Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat sepanjang 13,70 kilometer masih dalam tahap pembebasan lahan dengan progres mencapai 79,4 persen, dan Seksi 4 Sukabumi Barat-Sukabumi Timur sepanjang 13,05 kilometer dengan progres pembebasan lahan mencapai 9,9 persen.

Baca juga: 3 BUMN Disuntik APBN Rp 28 Triliun, Hutama Karya Paling Banyak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com