Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPKH Ajak Masyarakat Menabung sejak Dini untuk Berangkat Haji

Kompas.com - 11/12/2023, 06:35 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) bersama mitra kerjanya menggelar Fun Walk di daerah Senayan, Jakarta, Minggu (10/12/2023).

Fun Walk dengan tema "Good to Great" ini menjadi rangkaian peringatan 6 tahun BPKH sebagai pengelola keuangan haji.

"Selain mengedukasi peran BPKH sebagai lembaga yang mengelola keuangan haji dan memberikan manfaat untuk jemaah, di sini kami juga menyediakan booth-booth kesehatan agar peserta semakin peduli pada pola hidup sehat," ujar Kepala BPKH Fadlul Imansyah dalam keterangan tertulis, Senin (11/12/2023).

Baca juga: Syarat dan Cara Daftar Seleksi Petugas Haji 2024

Kementerian Agama (Kemenag) mulai mempersiapkan layanan ibadah haji 2024.iStockphoto/Aviator70 Kementerian Agama (Kemenag) mulai mempersiapkan layanan ibadah haji 2024.

Menurutnya, jika dikaitkan dengan konteks haji sebagai ibadah fisik, kesehatan menjadi hal utama untuk memastikan jemaah bisa menunaikan seluruh rukun dan wajib haji selama di tanah suci.

"Ingat, haji bukan cuma soal kemampuan materi, tapi juga mampu secara fisik. Itu sebabnya pada pelaksanaan ibadah haji 2024, Kementerian Agama akan melakukan penyesuaian kebijakan dengan menjadikan istithaah kesehatan sebagai syarat pelunasan biaya haji," ujar Fadlul.

Tak lupa, ia mengajak umat untuk mulai menabung sejak dini, agar bisa menunaikan ibadah haji di usia muda.

Saat ini, lanjut Fadlul, mayoritas calon jemaah membuka tabungan haji saat berusia di atas 40 tahun. Sementara menurut catatan Kementerian Agama, rata-rata lama antrean haji di Indonesia mencapai 20 tahun.

Baca juga: BPKH Siapkan Rp 8,2 Triliun untuk Penyelenggaraan Haji 2024

"Tentu akan lebih nyaman berhaji saat kondisi fisik kita masih prima, tak terkendala oleh faktor usia," tukas Fadlul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com